oleh

Ini Jawaban dr Budi, Soal Penarikan Paksa Aset Daerah oleh Pemkot

-Headline, Kota Gorontalo1, Politik-212 Pengunjung
dr Charles Budi Doku

RadarGorontalo.com – Mantan Wakil Walikota Gorontalo, dr. Budi Doku akhirnya angkat bicara terkait aset daerah yang kabarnya bakal dijemput oleh pihak pemerintah kota Gorontalo, setelah beberapa kali menyurat.

Dengan tegas dr. Budi mengatakan, tak ada niat sedikit pun untuk menahan atau menguasai aset tersebut. Menyangkut pengembalian aset itu, dirinya tetap taat asas dan aturan.

Karena sesuai kesepakatan dalam rapat tertutup bersama Sekretaris Daerah (Sekda), Kepala Inspektorat, Assisten III dan Kepala Bagian Umum, aset daerah tersebut akan dikembalikan setelah dilakukan audit dan ditandatanganinya berita acara.

“Rumah saya terbuka lebar. Tak ada aset yang saya tahan. Semua aset ini terlihat dan lengkap. Andaikan aset itu saya kembalikan tanpa ada audit, lantas terjadi kehilangan atau aset itu berkurang, maka saya yang bertanggungjawab.

Seperti kejadian dialami mantan pejabat Provinsi Gorontalo, sudah mengembalikan aset tanpa audit, dan hilang. Akhirnya, mantan pejabat tersebut dituntut lagi mengembalikan aset.

Hal yang seperti ini harus dihindari,” tegas dr. Budi Doku. Tentang pengembalian aset Pemkot, kata dr. Budi, satu unit mobil milik mantan Wakil Ketua PKK Kota Gorontalo, sudah dikembalikan.

Padahal, mobil tersebut masih dalam proses perbaikan di bengkel, karena kecelakaan. “Saya mau aset dikembalikan itu dalam keadaan baik. Tapi sayang, Pemkot justru malah menjemput langsung mobil tersebut di bengkel,” jelas Budi Doku.

Budi juga menjelaskan alasan lainnya mengapa aset itu harus diaudit sebelum dikembalikan. “Aset tersebut harus diaudit, agar diketahui mana menjadi hak saya, dan mana yang bukan hak saya.

Hal ini juga ada aturannya. Sama sekali tidak ada bukti, kalau saya menahan-nahan aset itu. Jangankan dua kali menyurat, seribu kali pun Pemkot menyurat, saya tetap akan meminta diaudit, kemudian aset itu saya dikembalikan,” kata dr. Budi. (Rg-62)

 

Baca :

Bawa Satpol PP, Pemkot Akan Jemput Paksa Mobnas Oknum Mantan Pejabat


Komentar