oleh

Inovasi Dandim Gorontalo Utara Dalam Penerapan Protkes

RGOL.ID, GORONTALO – Berbagai pihak terus berinovasi dalam penerapan protokol kesehatan (protkes) di masa pandemi Covid-19 ini. Salah satunya yang dilakukan Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1314/Gorontalo Utara, Letkol Arm Firstya Andrean Gitrias.

Orang nomor satu di Kodim 1314/Gorut itu berinovasi dengan menghadirkan modifikasi teknologi alat cuci tangan portabel otomatis (automatic portable hand washer) dan ruang disinfektan otomatis (Automatic Disinfection Chamber).

Bahkan, kedua alat tersebut telah mulai digunakan pada pelaksanaan pembukaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 109 tahun anggaran 2020 di Kecamatan Atinggola.

Dandim 1314/Gorontalo Utara, Letkol Arm Firstya Andrean Gitrias menjelaskan alat cuci tangan portabel dan ruang disnfektan otomatis tersebut merupakan bentuk solusi inovatif dalam menekan penyebaran Covid-19. Di mana, khusus alat cuci tangan portabel, tanpa harus menyentuh keran air dan tempat sabun.

“Cara tersebut selain higienis serta menghemat pemakaian air juga sangat efektif. Sebab teknologi itu memiliki metion sensor otomatis hanya dengan mendekatkan tangan, maka air dan sabun akan mengalir dengan sendirinya,” jelas Andrean sapaan akrab Dandim Gorut pertama itu, Selasa (22/09/2020).

“Demikian juga dengan ruang disinfektannya saya buat juga dilengkapi sensor. Jadi, ketika orang masuk, dengan sendirinya akan menyemprot dan dilengkapi juga dengan pancaran sinar ulraviolet, sehingga setiap orang yang masuk ke ruang tersebut akan semakin terjaga daya tahan tubuhnya,” lanjutnya menjelaskan.

Dandim pun mengungkapkan, dirinya sengaja memulai penggunaan alat cuci tangan portabel dan ruang disinfektan otomatis tersebut pada pelaksanaan TMMD, dengan harapan mampu mewujudkan Desa Tangguh yang sehat, produktif dan ekonomi maju.

“Kenapa inovasi ini dilakukan, karena saya menginginkan seluruh prajurit yang bertugas benar-benar terhindar dari yang namanya Covid-19, termasuk masyarakat setempat,” paparnya. (ind-56)

Komentar