Rifat Sungkar. Foto: Ist for JPNN
Rifat Sungkar. Foto: Ist for JPNN

SERANG – Salah satu penggawa Pertamax Motorsport Speed Offroad Team Rizal Sungkar dengan navigator Anthony Sarwono keluar sebagai peringkat kedua Indonesia Open Championship X-Offroad Racing (IXOR) 2016 putaran ketiga.

Rizal meraihnya di kelas best overall pada ajang yang digelar di Sirkuit Tembong Jaya, Serang, Banten pekan lalu.

Hujan deras yang turun di siang hingga sore hari menyebabkan karakter lintasan menjadi basah dan licin.

Hal ini membuat perlombaan semakin menatang dan para penonton di tribun pun bersorak sorai ketika menyaksikan para offroader beraksi.

Rizal mendapatkan posisi ketiga di kelas best overall setelah dirinya merebut podium ketiga di kelas G5.4 dan grup FFA.

Rizal sudah mulai mengancam sejak memasuki SS ketiga. Rizal dengan catatan waktu tiga menit 05,245 detik berhasil mengalahkan Rifat Sungkar bersama co-driver M. Redwan yang turun ke posisi kedelapan dengan torehan waktu tiga menit 13,093 detik.

Meski begitu, H. Samsudin dengan co-driver Michael tetap tampil konsisten dan mampu mempertahankan posisinya di puncak dengan catatan waktu tiga menit 02,560 detik.

Kejutan terjadi di grup FFA saat memasuki SS 4. Hujan deras yang mulai turun membuat persaingan semakin memanas

Sebab, offroader-offroader seperti H. Atuy Faturahman dengan co-driver Indra Artanto membalikan keadaan setelah berhasil finish di urutan pertama mengalahkan H. Samsudin di peringkat kedua, dan Rizal di posisi ketiga. Adapun Rifat harus rela berada di posisi keenam.

Rifat yang masih beradaptasi dengan mobil barunya, pada akhinya mampu menduduki posisi kelima di babak best overall. Namun, sebelumnya di SS 3, ia sempat mengalami kedala yang menyebabkan posisinya turun ke posisi kelima.

“Mobil Mitsubishi Racing Triton saya mengalami kendala pada bagian ban. Hal itu tentu menyebabkan waktu saya tertinggal cukup jauh di SS 3. Saya selanjutnya mengatur strategi untuk bermain aman di SS 4 agar dapat bisa bertarung di babak best overall,” kata Rifat.

Setelah keluar sebagai posisi kedua best overall, Rizal mengungkapkan perasaan senangnya karena berhasil memenangkan kejuaraan offroad untuk pertama kalinya di tahun ini.

“Setelah hujan turun, kami langsung mengganti set up kendaraan. Selebihnya, mobil saya tetap aman dan tidak ada kendala yang berarti. Saya senang dan bersyukur karena dapat berada di posisi tiga besar, padahal ini merupakan pertama kalinya saya mencoba lintasan basah dengan curah hujan di ajang offroad,” ungkap Rizal.

Sementara pebalap Pertamax Motorsport Speed Offroad Team lainnya Yedidiah Soerjosoemarno dengan navigator Reza juga mampu mencapai podium ketiga di kelas G1.2.

Untuk selanjutnya, Pertamax Motorsport Speed Offroad Team akan mempersiapkan diri untuk tampil di ajang IXOR 2016 yang masih tersisa dua putaran lagi. putaran keempat sendiri akan dilangsungkan di Serpong, Tangerang Selatan pada awal November mendatang.  (jos/jpnn/rg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.