oleh

Jadi Sarjana Peternakan UMGO Yang Siap Kerja

-Pendidikan-130 Pengunjung

KAMPUS (RGOL.ID) – Program Studi (Prodi) Peternakan Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) sudah berkiprah dan mengabdi untuk menghasilkan lulusan yang siap kerja dan berwirausaha di segala bidang.

Hingga saat ini, alumni Peternakan UMGO sudah tersebar di berbagai daerah, baik di provinsi Gorontalo maupun di luar Gorontalo.

Ketua Program Studi Peternakan UMGO, Dr. Mohamad Ervandi, S.Pt., M.P mengatakan, kebanyakan lulusan atau alumni Peternakan UMGO telah bekerja sebagai Birokrat, Aparatur Sipil Negara (ASN), Guru, Pegawai Bank, bahkan ada yang Berwirausaha di bidang Perunggasan (Broiler/Petelur).

Umumnya, kata Ervandi, mereka memilih Prodi Peternakan UMGO karena sistem pembelajarannya yang berkualitas, yakni merancang kurikulum yang berorientasi pada kompetensi lulusan dengan beberapa kekhasan mata kuliah.

Sistem ini telah mengantarkan lulusan Prodi Peternakan UMGO mampu merancang perusahaan di bidang peternakan. Salah satunya mata kuliah Manajemen Agribisnis Peternakan.

Mata kuliah ini mampu mengantarkan mahasiswa memiliki kompetensi khusus untuk merancang suatu perusahaan besar.

“Mata kuliah pilihan seperti Digital Farming System, Sistem Produksi dan Pengembangan Peternakan dapat memberikan kompetensi lebih bagi lulusan,” ungkap Ervandi.

Ia menambahkan, lulusan peternakan umumnya memiliki motivasi yang kuat melalui pengalaman Kuliah Kerja Lapangan. Kemampuan bekerja di perusahaan ataupun di instansi pemerintah telah dipelajarinya selama live in dalam kegiatan magang kerja.

Disamping penguasaan keilmuan sebagai ahli produksi, lulusan Peternakan UMGO juga diwajibkan memiliki akhlak yang mulia. Akhlak ini diajarkan dalam setiap mata kuliah oleh para dosen di bangku kuliah.

Tak hanya itu, lulusan Peternakan juga dibekali dengan kemampuan kewirausahaan dan kemampuan marketing untuk menunjang karir lulusannya.

Tak heran jika masa tunggu kerja lulusan prodi ini rata-rata kurang dari 3 bulan. Bahkan menurut Ervandi, banyak mahasiswa yang belum wisuda sudah diterima di pangsa kerja.

Kiprah lainnya Prodi Peternakan UMGO yakni menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, baik instansi pemerintahan, SMK Kejuruan, Perusahaan di bidang Peternakan, serta Perguruan Tinggi.

“Berdasarkan capain dan prestasi-prestasi itulah kami merasa salah jika tidak menginformasikan hal baik ini ke khalayak umum.

Maka dari itu, tunggu apa lagi, mari kuliah dan meraih kesuksesan bersama Prodi Peternakan UMGO,” pungkasnya. (rg-63)


Komentar