oleh

Jatah 4 Kursi Gorontalo di DPR RI, Tergantung Pimpinan DPR RI

-Headline, Politik-311 Pengunjung

GORONTALO (RGOL.ID) – Jatah kursi Gorontalo untuk DPR RI sebenarnya bisa jadi 4, kalau itu diperjuangkan di DPR RI, apalagi Gorontalo punya wakil yang menjadi salah satu Wakil Ketua DPR RI.

Selain itu, Rusli Habibie dan Elnino Mohi, sebagai Ketua DPD I Golkar dan Ketua DPD Gerindra bisa meminta dukungan dari partainya masing-masing yang kebetulan dua partai ini juga punya Pimpinan Dewan.

Sepertinya kalau RG, RH dan Elnino bisa bahu membahu untuk memperjuangkan hal itu, besar kemungkinan Gorontalo bisa dapat jatah 4 kursi.

Lalu apa tanggapan Elnino soal itu? Ketika dihubungi kemarin, dengan tegas dia mengatakan, jangankan 4 kursi, 12 kursi pun bisa. Sejak Pemilu 2004, kursi Gorontalo selama ini hanya tiga.

Ini berkaitan dengan jumlah penduduk Gorontalo yang masih sedikit. Elnino membenarkan perhitungan ini.

“seharusnya di Pemilu 2019 yang lalu sudah jadi empat kursi karena jumlah penduduk Gorontalo sudah lebih dari 1,2 juta jiwa,” katanya.

Tetapi kata Elnino, proses pembahasan di DPR belum sampai pada RUU Pemilu sebab RUU Pemilu masih ditunda oleh Presiden.

Ditanya seberapa besar peluang jadi empat kursi, Elnino mengatakan bahwa yang lebih tepat menjawab pertanyaan itu adalah pimpinan DPR RI.

“bisa ditanyakan oleh wartawan secara langsung ke pimpinan, sebab pimpinan yang paling tahu tentang jadwal pembahasan di DPR RI juga pimpinan yang lebih tahu peta politik partai-partai,” paparnya.

Elnino sendiri menginginkan kursi DPR RI dari Gorontalo menjadi 12 kursi. “saya pribadi ingin Gorontalo punya 12 kursi di DPR, dan itu ada argumentasinya,” cetus Elnino.

Dalam Undang-Undan Dasar yang merupakan hukum tertinggi di negara ini tercantum di pasal 22 C ayat 2 bahwa jumlah anggota DPD RI tidak lebih dari sepertiga anggota DPR RI.

“Selama ini, ayat tersebut hanya dimaknai secara nasional, padahal tidak ada kata ‘nasional’ di ayat itu,” kata Elnino.

Menurutnya, kalau ayat itu diinterpretasikan dan dimaknai dalam konteks perwakilan provinsi, maka secara logis Gorontalo harus punya 12 kursi DPR RI karena sekarang ini sudah punya 4 kursi DPD RI.

“jika begitu pemaknaannya, maka Provinsi kecil, terbelakang dan tertinggal seperti Papua Barat, Gorontalo, Maluku Utara dan Sulbar masing-masing mendapatkan jatah 12 kursi di DPR RI,” papar Elnino.

Sementara itu Ketua KPU Gorontlo, Fadliyanto Koem mengatakan jatah kursi Gorontalo untuk DPR RI masih tetap 3, karena belum ada undang-undang baru, makanya KPU masih tetap berpegang pada undang-undang nomor 7.

“Kecuali kalau DPR RI sudah mulai membahas RUU Pemilu, maka disesuaikan dengan hasil pembahasan nanti,” katanya. (awal-46/rls)


Komentar