oleh

Jatah Gorontalo Untuk DPR RI Jadi 4 Kursi, 3 Menteri Akan Bertarung di Pileg

-Headline, Politik-232 Pengunjung

GORONTALO (RGOL.ID) – Ini kabar gembira, jatah kursi Gorontalo untuk DPR RI menjadi 4 pada Pileg 2024 mendatang. Tetapi ada juga kabar gembira lainnya karena 3 Menteri Gorontalo akan turun di Pileg.

Sandiaga akan duet bersama Elnino lewat Gerindra, kemudian Golkar menampilkan Zainudin Alami dengan Rusli Habibie, dan dari PPP menurunkan Suharso Monoarfa dengan Indra Yasin.

“Menteri kan hanya cuti, mereka tak perlu mundur jika maju di Pileg nanti,” Kata Ketua Gerinda Gorontalo, Elnino yang juga Aleg DPR RI.

Menurut Anggota Komisi II itu, pertarungan akan sangat sengit dan dia merasa sangat yakin kalau 4 kursi itu akan terbagi habis pada 4 partai, karena tak ada partai yang bisa dapat dua kursi.

Selain itu, Elnino juga mengatakan ada pendatang baru yang yang tak boleh dianggap enteng, karena dia punya duit yang sangat besar dan pengusaha nasional ini akan maju lewat PDIP.

Jadi kata Elnino lagi, pertarungan akan benar-benar sangat ketat. Nah, tinggal dilihat partai mana yang akan digusur PDIP nanti, sebab figur yang akan dipasang untuk DPR RI nanti benar-benar seorang yang punya duit yang sangat besar.

Makanya Pileg 2024 nanti akan menjadi pertarungan para bintang. Andai para bintang ini tak turun ke Gorontalo, maka sudah bisa diprediksi nama-nama yang punya kesempatan pertama ke senayan adalah Rusli Habibie, Rachmat Gobel, Elnino dan Indra Yasin.

Namun jika para bintang ini benar akan turun, maka peluang Elnino dan Indra masih akan terbuka lebar, karena sudah pasti Suharso dan Sandiaga Uno ke Kabinet atau mungkin Sandiaga akan ke Pilpres, maka dua nama ini akan menjadi PAW Suharso dan Sandiaga.

Sementara itu Sekretaris DPD PDIP Gorontalo, Laode Haimudin mengatakan partainya memang punya target terukur pada Pileg nanti.

Tahun 2024 nanti, Gorontalo harus sumbang 1 kursi untuk DPR RI. Masa partai pemenang kedua di Gorontalo tak bisa meloloskan kadernya ke Senayan.

“Suara kita pada Pileg kemarin 84 ribu lebih, sayang suara Aleg DPR RI kita hanya 40 ribu, kalau suara kita linier antara Provinsi dan DPR RI, maka pasti PDIP punya 1 kursi di DPR RI,” paparnya.

Nah, belajar dari kelemahan pada beberapa Pileg yang lalu, maka untuk Pileg 2024 nanti, PDIP akan menyiapkan tokoh yang mumpuni untuk lolos ke Senayan.

Sekarang ini basis PDIP tinggal 3 daerah yang belum bisa menyumbang kursi ke pusat yakni Aceh, Sumbar dan Gorontalo, karena itu 3 daerah ini harus bisa meloloskan kadernya ke DPR RI dan ini target dari DPP. (La Awal-46)


Komentar