Jatidiri Tumbilotohe Akan Dikembalikan

RadarGorontalo.com – Perayaan pasang lampu kerap disebut Tumbilotohe oleh masyarakat Gorontalo, yang biasa digelar malam ke 27 di Bulan Ramadhan. Sedianya merupakan kegiatan masyarakat yang sudah menjadi tradisi sejak dari dulu, dimana masyarakat yang menyediakan lampu dan bahan bakar minyaknya. Tahun ini, jatidiri perayaan tumbilotohe itu akan dikembalikan Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo. Hal ini seperti diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Gorontalo DR. Ir. H. Ismail Madjid, M.TP, ketika ditemui Rabu (07/06). Usia memimpin rapat tentang pelaksanaan Tumbilotohe di Kota Gorontalo

“Kegiatan festival Tumbilotohe ini memang agak berbeda dengan pelaksanaan tahun sebelumnya, dimana peran pemerintah lebih dominan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Tahun ini diharapkan ada pelibatkan seluruh komponen masyarakat, baik unsur masyarakat, perbankan, pengusaha dan perhotelan. Karena kegiatan ini merupakan dominan aspek budaya, tentunya harus menjadi tumpuannya adalah masyarakat. Seluruh komponen warga tadi, kita coba untuk libatkan dalam prses iven tersebut,” ujar Ismail.

Hal ini tambah Ismail, sudah dua kali digelar dalam pertemuan yang diawali dengan pertemuan dipimpin langsung oleh Assisten I Pemkot Gorontalo, dan dilanjutkan di raung kerjanya Rabu kemarin. Diawal pertemuan itu kata Ismail, memang sempat ada kendala yang dibahas yakni tentang anggaran untuk pelaksanaan kegiatan itu. Dan akhirnya melahirkan solusi yaitu menggelar iven tersebut secara mandiri, oleh masing-masing penangungjawab wilayah. Seperti pendidikan yang bertanggungjawab di semua sekolah, yang ada di Kota Gorontalo. “Harapannya secara historis, tumbilotohe ini berasal dari warga. Jadi mereka yang berinisiatif melaksanakan dan mempromosikan budaya ini, jadi secara supstantif dilaksanakan oleh Pemkot Gorontalo untuk mengembalikan hita dari tumbilotohe itu sendiri,” jelas Ismail.(rg-62)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.