oleh

Jelang idul Adha, 803 Hewan Siap Dikurbankan Dikabgor

RGOL. ID.GORONTALO – Pihak Dinas Kesehatan Hewan Kabupaten Gorontalo memastikan, bahwa keberadaan hewan ternak dipenumpukan atau penampungan Yang siap diqurbankan itu dalam keadaan sehat walafiat.

Kepala Dinas Keswan, Femiwaty Umar saat ditemui menjelaskan, pihaknya dalam sebulan terakhir ini, mulai dari tanggal 5 Juni hingga 2 Juli kemarin terus melakukan vaksin Dan pemeriksaan terhadap hewan hewan Yang ada dipenumpukan.

Entah itu dipasar hewan, rumah penduduk, atau ditempat tempat penumpukan hewan Yang rencananya akan diqurbankan di idul adha nanti.

” Tercatat dikami, sampai dengan kemarin, sudah ada 803 hewan Yang sehat. Namun untuk jumlah keseluruhan terinformasi dari 19 kecamatan, ada 10851 hewan qurban baik sapi maupun kambing Yang siap, ” tukas Femy.

Kami pun selama melakukan vaksin dan pemeriksaan kata Femy terus melakukan sosialisasi aktif terhadap masyaarakat jika ada hewan mereka Yang tidak diperiksa agar dilakukan pemeriksaan.

” Sebab nanti perkara mau dijual untuk hewan qurban atau tidak Yang penting, sapi sudah miliki surat sehat, ” ucapnya.

Sebab surat sehat itu pun kata Femy akan menjadi pegangan masyarakat bahwa sapi Yang mereka beli ini dalam keadaan sehat Dan bisa dikonsumsi dihari raya qurban nanti atau diluar itu.

” Karena kami berikan cap sapi sapi Yang sehat ditelinga mereka. Juga ada berupa surat keterangan sehat, bahwa sapi sudah divaksin kesehatannya, ” tutup Femy. (Qn)

Komentar