oleh

Jelang Pilkada, Ketua KPU Ingatkan Tiga Hal Kepada Jajarannya

-Advetorial-226 Pengunjung

LIMBOTO (RGOL.ID) – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo Rasyid Sayiu mengingatkan jajarannya agar terus membangun kepercayaan publik terhadap penyelenggaraan pemilu. Menurutnya, ada tiga hal yang perlu dilakukan jajarannya agar publik tetap memiliki kepercayaan kepada penyelenggaraan pemilu. “Caranya yang pertama adalah kerja transparan. Jangan sampai ada di antara kita yang tidak transparan kerjanya,” ujarnya.

Lanjut kata Rasyid, jika publik tahu apa yang dikerjakan KPU, maka tidak ada orang yang berprasangka buruk atau menduga ada sesuatu yang disembunyikan terhadap KPU sehingga memunculkan kepercayaan kepada KPU dan penyelenggaraan pilkada nanti.

Namun, jika KPU melakukan sesuatu secara sembunyi-sembunyi, maka publik akan menaruh curiga yang pada akhirnya menciptakan ketidakpercayaan. “Kalau orang tidak percaya terhadap penyelenggaraannya dia tidak akan dipercaya dengan hasilnya.

Kalau dia tidak percaya terhadap hasilnya, maka hasilnya akan menimbulkan konflik. Jadi sebenarnya konflik itu karena orang tidak percaya terhadap kita. Tapi kalau orang percaya, maka orang akan menerima hasilnya. Kalau orang bisa menerima hasilnya, tidak akan ada konflik, maka itu dimulai dari kita,” terang dia.

Kedua, lanjut Rayid, jajaran KPU harus bekerja profesional, sesuai dengan tugas dan fungsinya. Karena itu, kata dia, jajaran KPU harus memahami benar makna dari pilkada, penyelenggara Pilkada dan regulasi yang mengatur Pilkada  termasuk peraturan-peraturan teknisnya.  

Lebih lanjut, Rasyid mengatakan seluruh jajaran KPU harus sudah siap menyelenggarakan Pilkada. Sampai dengan tahapan sekarang yaitu perekrutan PPK, kata dia, kesiapan tersebut harus mencakup tiga hal, yakni kesiapan regulasi, sumber daya manusia, dan anggaran.

“Kesuksesan penyelenggaraan Pilkada harus kita dukung sepenuhnya. Dan saya akan terus memantau proses persiapan, anggaran dan sosialisasi untuk pilkada serentak 2020 ini,” pungkasnya. (iyn)


Komentar