oleh

Jelang PON XX Papua. Anggaran Kecil, Motivasi Besar

-Headline-446 Pengunjung

Gorontalo (RGOL) – Persiapan para atlet Gorontalo untuk PON XX Papua sudah semakin mantap. Dari hasil evaluasi Tim Sukses, banyak kemajuan yang sudah dicapai para Atlet selama dalam persiapan. Dan menurut Ketua KONI Gorontalo, Fikram Salilama, yang sangat menggembirakan adalah motivasi para atlet yang begitu hebat. Semangat merebut Emas begitu membara.

Ditanya berapa anggaran PON Gorontalo? Fikram mengatakan jumlahnya sangat kecil bila dibanding daerah lain, dengan Sulteng saja Gorontalo jauh di bawah. Mereka sekitar Rp30 Miliar, sedangkan Gorontalo hanya Rp6 Miliar, dan semuanya bersumber dari dana APBD Provinsi. Berbeda dengan daerah lain, dana PON mereka di dukung juga oleh APBD Kabupaten dan Kota serta dari perusahaan-perusahaan swasta.

Namun begitu kata Fikram, meski dengan anggaran yang sedikit, tetapi semua harus bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dana dari rakyat ini, paling tidak harus bisa memberikan kebanggaan dengan membawa pulang medali. Memang harus melakukan penghematan agar dana Rp6 Miliar bisa tepat sasaran.

Ditanya kapan akan berangkat? Fikram mengatakan kontingen Gorontalo yang terdiri dari 60 orang akan dibagi dalam tiga kloter, dan ini juga salah satu cara penghematan biaya. Fikram juga mengungkapkan honor para pelatih hanya Rp5 juta per bulan dan ini juga sangat rendah dibanding daerah lain yang lebih dari Rp15 juta per bulan.

Honor ini kata Fikram harus diberikan, karena TC dalam mengharuskan semua orang baik itu atlet maupun pelatih harus tetap tinggal di pusat pelatihan, mereka tak boleh kemana-mana, maka mereka harus diberi honor agar bisa diberikan pada keluarga di rumah. (awal)


Komentar