abd karim aljufrie

Jual Miras ke Siswa, Langsung Dipidana

Image
ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

RadarGorontalo.com – Tujuh pelajar SMK yang tertangkap pesta miras bukan kasus pertama, sebelumnya juga ada kasus-kasus serupa yang melibatkan pelajar di Gorontalo. Bahkan, pernah ada di salah satu SMP Kota Gorontalo yang 29 orang pelajarnya, tertangkap tengah meracik miras hingga narkoba oplosan. Soal minuman keras sendiri, Polda Gorontalo akan melakukan penyisiran dan siap memproses hukum penjual miras yang menjual dagangannya ke anak di bawah umur, apalagi berstatus siswa. Kata Kabid Humas Polda Gorontalo AKBP S Bagus Santoso SIK, operasi miras ini sebelumnya telah dilakukan Polres jajaran, secara rutin.

Namun, untuk mencegah makin maraknya kasus miras ini melibatkan pelajar, khususnya mereka yang masih duduk dibangku SMA. Operasi tersebut dialakukan secara ketat dan cepat, yaitu langsung menindaki pejual yang ditemukan menjual miras pada pelajar. “Operasi ini umumnya menjadi kegiatan rutin yang wajib dilakukan Polres jajaran. Hanya saja cara penindakannya yang ditingkatkan, khususnya bagi pengecer yang menjual miras pada pelajar,”terang Bagus. Terkait kasus ini, Bagus berharap bukannya menjadi tanggung jawab dari aparat Kepolsian, tapi wajib menjadi pelajaran bagi semua orang siswa.

Karena menurutnya, peran serta orang tua itu sangat penting dalam mengawasi anaknya sehari-hari. Tidak hanya itu tambah Bagus, keterlibatkan masyarakat dalam menjaga peredaran miras semakin marak, juga sangat dibutuhkan. Karena secara umum, masyarakat yang lebih tahu situasi wilayaha masing-masing, apalagi tempat penjualan miras. “Semua unsur pada intinya patut terlibat dalam mencegah peredaran miras ini,”tutup Bagus.

Ditempat terpisah Humas Polres Bone Bolango AKP Udin Saleh mengatakan bahwa pihak Polres Bone Bolango telah melakukan upaya penegakan dengan melakukan penyitaan terhadap miras. ” Miras ini merupakan penyakit masyarakat, meskipun telah berulan kali dilakukan penyitaan miras tapi masih ada warga kembali melakukan penjuaalan” kata Udin Saleh. Lebih lanjut perwira tiga balak ini mengatakan dalam waktu dekat ini operasi pekat dalam pemberantas miras akan kembali dilakukan. ” Tim intel mulai melakukan pencarian terhadap pejual baru miras, dan tak akan lama lagi akan dilakukan pengrebekan terhadap miras yang tak mengantongi izin ” tukasnya. (rg-46/rg-62)

Bagikan berita

Tinggalkan Komentar

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

mUNGKIN ANDA LEWATKAN