Bupati Nelson dihadapan para pengusaha pertambangan galian C saat pertemuan, Selasa (29/11) diruang pola
Bupati Nelson dihadapan para pengusaha pertambangan galian C saat pertemuan, Selasa (29/11) diruang pola

Nelson Sebut Pengusaha Perhatikan Lingkungan

RadarGorontalo.com – Akibat dari aktivitas pertambanganan khususnya galian C dibeberapa titik di wilayah, Kabgor dirugikan miliaran rupiah oleh para pengusaha yang tidak peduli dengan lingkungan. Hal ini diungkapkan oleh Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo dihadapan para pengusaha pertambangan, Senin (29/11). “Akibat aktivitas galian C yang tidak teratur, Pemerintah Daerah mengalami banyak kerugian.

Sebut saja kerusakan sungai, jembatan, dan jalan. Hanya dari sisi infrastruktur jalan saja, diperhitungkan total kerusakan telah mencapai kurang lebih 9.000 meter jalan, tutut Bupati NP. Jika kita asumsikan anggaran yang ditelan untuk pembuatan jalan sebesar Rp 1,5 Milyar setiap kilometer, maka berati kita telah mengalami kerugian sebesar Rp 12 Miliar, jelas Bupati yang meminta pelaku sektor usaha pertambangan itu wajib memperhatikan koridor-koridor terkait pengelolaan lingkungan.

Dalam pembahasan persoalan lingkungan itu juga dihadirkan satuan kerja terkait, masing-masing, Kesbangpol dan Linmas, Badan Lingkungan Hidup, Dinas PU, Dinas Perhubungan, Kantor Pelayanan Terpadu dan Dinas Kehutanan Pertambangan dan Energi.

Pertemuan bersama pengusaha Galian C tersebut menghasilkan empat kesepakatan yang meliputi, penggalian harus di dasarkan pada daerah yang dimungkinkan, penyesuaian kapasitas pengangkutan material, memanfaatkan tenaga kerja disekitar lokasi pelaksanaan Galian C, dan upaya perbaikan terhadap kerusakan fasilitas oleh pengusaha yang timbul akibat kegiatan Galian C.

Bupati menegaskan, dilakukannya pertemuan dengan pengusaha Galian C itu tak lain sebagai upaya untuk menjamin kelangsungan usaha yang ada. “Isu ini menghangat dalam setiap pembahasan forum pimpinan daerah dan juga banyaknya keluhan yang saya terima langsung dari masyarakat. Karena itu beberapa hal ini perlu diperhatikan agar kelancaran usaha dilapangan ini bisa terjamin. Kita upayakan win-win solusion agar kegiatannya tidak akan saling merugikan pihak lain, imbuhnya. (RG-31)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.