oleh

Kades Harus Mengayomi Masyarakat

-Boalemo, Gorontalo-231 Pengunjung

BOALEMO(RADAR) – Dalam melaksanakan tugas pemerintahan, kepala desa dituntut untuk bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Hal ini disampaikan Wakil Bupati Boalemo Lahmudin Hambali saat memberikan materi tentang kepemimpinan bagi kepala desa baru dalam orientasi kepemimpinan yang dipusatkan di Badan Kepegawaian Daerah dan Pendidikan Pelatihan (BKD-Diklat), Desa Tutulo Kecamatan Botumoito, Selasa(19/4)kemarin.
Wabup menekankan, selain mengutamakan pelayanan prima kepada masyarakat, kepala desa juga harus menjadi pengayom bagi masyarakat. “Selain memimpin pemerintahan di desa, seorang kepala desa harus menjadi pengayom bagi masyarakat. Tentunya, sebagai pengayom, seorang kepala desa harus memberikan contoh yang baik kepada masyarakat,” tandas Wabup.
Lebih lanjut, orang nomor dua di Kabupaten Boalemo ini juga menyampaikan, kepala desa perlu menjalin sinergitas dengan seluruh komponen masyarakat. Hal ini dimaksudkan untuk terus menjaga stabilitas dan keseimbangan pemerintahan, termasuk sebagai upaya mensukseskan program pemerintahan. “Kepala desa harus bisa mempengaruhi kelompok atau masyarakat untuk mencapai sasaran,” ujarnya.
Selanjutnya, Wabup juga menambahkan, seorang kepala desa perlu membangun komunikasi dan kerjasama dengan internal pemerintahan desa. Mulai dari kepala dusun hingga kaur-kaur yang ada. Menurutnya, hal ini menjadi upaya untuk bisa mengoptimalkan kinerja pemerintah desa. “Yang perlu diingat juga, kades harus bisa mengembangkan bawahannya dalam pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan di desa,” tuturnya sembari mengharapkan agar dalam pelaksanaan orientasi, seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan dengan baik.
Sementara itu, penyelenggaraan kegiatan menuai apresiasi dari kalangan peserta, khususnya para kepala desa se Kecamatan Wonosari. Mereka mengungkapkan, kegiatan tersebut sangatlah bermanfaat. “Kami memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah atas penyelenggaraan kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan di Boalemo,” ungkap Kepala Desa Saritani Asmat Wadingo didampingi Kades Pangea Daud Adam, Kades Sukamulya Suleman Pakaya, Kades Bongo II Pursan Lasela, Kades Dulohupa Suleman Djakaria dan Plt.Kades Mekar Jaya Samsul D.Nusi. Mereka pun menghimbau, agar kegiatan ini dapat dilaksanakan untuk kepala-kepala yang nantinya akan terpilih. (RG-27/RG-59)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.