oleh

Kanjeng Raden Tumenggung Darwis Moridu Notodipuro

-Boalemo, Gorontalo-1.205 Pengunjung

RGOL.ID, Gorontalo – Ini sejarah baru di Gorontalo, Bupati dan Ketua PKK secara bersamaan menerima gelar kehormatan dari Karaton Surakarta Hadiningrat. Siapa lagi kalau bukan Bupati Boalemo Darwis Moridu dan Ketua PKK Rensi Makuta. Kedua tokoh ini dianggap sukses melaksanakan tugas-tugas pemerintahan.

Rensi Makuta yang selama ini terus menunjukan konsistensi dan komitmen memperjuangkan kesejahteraan keluarga melalui 10 program kerja PKK, mendapat apresiasi dari Keraton Surakarta Hadiningrat. Dan lewat gelar Budaya Kehormatan yang dilaksanakan oleh Keraton Surakarta, pekan lalu, istri Bupati Darwis Moridu yang baru saja dilantik menjadi anggota DPR Boalemo ini, dianugerahi kehormatan Kanjeng Mas Tumenggung (KMT) Rensi Makuta Ningtyas, atau gelar budaya bagi tokoh wanita.

Selanjutnya, Karaton Surakarta Hadiningrat juga memberikan gelar kehormatan kepada Bupati Boalemo yakni Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Darwis Moridu Notodipuro. Pada kesempatan itu, Bupati Darwis Moridu menyampaikan terima kasih kepada Kangjeng Susuhunan Pakubuwono XIII bersama pihak Karaton Surakarta yang telah memberikan gelar budaya kehormatan ini.

Darwis juga sangat mengapresiasi pelaksanaan budaya karaton yang merupakan aset kekayaan Indonesia yang harus dijaga dan dilestarikan. “semoga dengan gelar budaya yang bernuansa jawa ini menjadi motivasi untuk kita semua, khususnya masyarakat karaton,” ujarnya. Selain itu, gelar budaya ini merupakan bentuk syukur dan doa keselamatan raja karaton yang senantiasa mengayomi dan memimpin rakyatnya dengan penuh cinta. Sebuah kedekatan antara masyarakat dengan rajanya yang di maknai dengan adanya kepercayaan, penghargaan dan kehormatan. Atas dasar itulah, pandangan hidup akan terwujud dalam etika keseharian masyarakat jawa karaton. (din-45)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.