abd karim aljufrie

Kapolda Buka Taklimat Awal Audit Kinerja Tahap I Tahun 2023

Image

RGOL.ID, GORONTALO – Kapolda Gorontalo, Irjen Pol. Helmy Santika, menghadiri sekaligus membuka pelaksanaan taklimat awal audit kinerja tahap I Itwasda Polda Gorontalo tahun 2023 aspek perencanaan dan pengorganisasian di aula Titinepo Polda Gorontalo.

Kapolda Gorontalo mengatakan bahwa audit kinerja merupakan program prioritas Kapolri ke-15 yaitu penguatan fungsi pengawasan.

Ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana penyelenggaraan program dan anggaran pada bidang operasional dan pembinaan mulai dari tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian yang dapat dilaksanakan secara efektif, efisien, transparan dan akuntabel dalam rangka tata kelola yang baik dan pemerintahan yang bersih.

Hal ini sebagaimana yang diamanatkan dalam peraturan pemerintah nomor 60 tahun 2008 tentang Sistem Pengadilan Intern Pemerintah (SPIP) serta Perpol Nomor 1 tahun 2021 tentang audit kinerja dan audit dengan tujuan tertentu dilingkungan Polri.

“diharapkan audit kinerja ini dapat memberikan nilai tambah bagi organisasi dalam meningkatkan kualitas tata kelola terselenggaranya tugas kepolisian serta dapat memberikan keyakinan dalam pencapaian tujuan Polri,” tambahnya.

Jenderal Bintang Dua ini juga mengharapkan dengan dilaksanakannya audit kinerja Itwasda Polda Gorontalo kiranya aparat pengawasan intern pemerintah atau APIP mampu meminimalisir penyimpangan sedini mungkin, memberikan koreksi, konsultasi dan saran perbaikan yang mampu diimplementasikan serta mampu mendorong terwujudnya peningkatan tata kelola penyelenggaraan tugas dan fungsi Polri yang Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi Berkeadilan (PRESISI).

“saya berharap kepada Irwasda bersama jajaran selaku APIP dilingkungan Polda Gorontalo agar tetap berpegang teguh pada prinsip-prinsip auditing, serta kode etik auditor demi kemajuan organisasi dan keberhasilan kita bersama,” ujarnya.

Kapolda juga berhadap kepada Satker untuk terbuka memberikan data, dokumen dan informasi yang diminta tim audit, agar diketahui kekurangan dan permasalahan yang ada dimasing-masing satker guna mencari solusi dan perbaikan untuk kemajuan kesatuan Polda Gorontalo yang kita cintai ini.

Kapolda Gorontalo berharap pula apa yang menjadi temuan wasrik terdahulu, agar kiranya Kasatker menindaklanjutinya, mengkomunikasikan dan mengkonsultasikan apa yang menjadi permasalahan dan bagaimana cara memperbaikinya, agar ditanyakan sehingga nanti tahap II aspek pelaksanaan dan pengendalian, itu menjadi lebih baik lagi.

“saya yakin dengan kerja sama ini, maka akan menghasilkan tujuan organisasi yang diharapkan yaitu organisasi yang bersih dan bebas dari KKN serta menjadikan kita sebagai aparat hukum yang profesional bidang tugasnya,” tutur Helmy Santika. (LaAwal-46)

Bagikan berita

Tinggalkan Komentar

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

mUNGKIN ANDA LEWATKAN