Kapolda Gorontalo Bersama Kepala Daerah Teken NPHD

Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Rachmad Fudail, bersama Kepala Daerah kabupaten/kota se Provinsi Gorontalo menandatangani NPHD. (foto : Irham)

 

RadarGorontalo.Com -Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) merupakan suatu prasyarat yang harus dipenuhi ataupun dilengkapi dalam pengelolaan keuangan daerah khususnya dalam pemberian hibah sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 168/PMK.07/2008 Tentang Hibah Daerah.

Hal inilah yang kemudian dijadikan Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Rachmad Fudail, guna menghimpun hibah dari para Kepala Daerah se Propinsi Gorontalo. Masing-masing Pemerintah Daerah kabupaten/kota, mengalokasikan anggaran pembangunan SPN sebesar 3,3 miliar yang nantinya akan digunakan untuk pembangunan Barak dan Kelas.

Sementara dari Pemda Provinsi Gorontalo mengalokasikan anggaran sebesar 5 milyar, yang akan disiapkan untuk pembangunan gedung utama SPN Batudaa. Sedangkan dari komponen masyarakat, BUMD maupun yang lainnya sudah banyak yang memberikan dukungan, mulai dari pembangunan masjid, pembangunan kelas, pembangunan gedung olahraga, pembangunan saluran air, pembangunan jalan, pemasangan listrik, dan lain sebagainya.

Banyaknya dukungan dari seluruh pihak tersebut membuktikan adanya keinginan dan semangat yang sama untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui Pembangunan SPN. Dalam hal pemberian bantuan hibah, tidak bisa dilakukan begitu saja. Namun aturan yang harus dipedomani sebagaimana diatur dalam Permenkeu diatas tentang Hibah Daerah, salah satunya adalah dengan dilengkapinya NPHD. Sehingga antara pemberi hibah dan penerima hibah tidak timbul masalah dikemudian hari.

Dengan begitu dilakukan penandatanganan NPHD antara Polda Gorontalo dengan seluruh Kepala Daerah Se Provinsi Gorontalo. Acara tersebut dihadiri oleh Kapolda Gorontalo, Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim , Bupati dan Walikota se Provinsi Gorontalo, Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, Wakapolda, Para PJU, Para Tokoh Masyarakat dan juga Para pihak yang telah memberikan hibah kepada Polda Gorontalo dalam pembangunan SPN.

Kapolda Gorontalo mengatakan, sinergitas dan kerjasama akan membawa kejayaan demi masyarakat. “Ada tiga hal yang bisa dijadikan pedoman dalam kita bekerja, pertama sinergitas dan kerjasama akan membawa kejayaan, tanpa ada kerjasama, maka sulit untuk mencapai target yang diharapkan, kedua adalah team work, dalam mencapai tujuan maka kita butuh kerja tim yang kuat, kita tidak bisa mencapai tujuan kalau kita kerjakan seorang diri tanpa dukungan dari tim, maka kerja tim sangatlah penting guna memenuhi target, dan yang ketiga adalah soliditas, artinya tim yang kita buat harus bisa solid dan kompak, segala persoalan dihadapi secara bersama saling mengisi dan memberikan masukan berupa solusi sehingga setiap persoalan bisa dihadapi secara bersama,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Idris Rahim, mengucapkan apresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan oleh Kapolda Gorontalo tersebut. “Saya mewakili Gubernur dan Pemerintah Daerah Provinsi sangat mengapresiasi terkait apa yang telah dilaksanakan oleh Kapolda Gorontalo, yang begitu luar biasa memiliki tekad membangun Gorontalo,” tipalnya. Lebih lanjut kata Idris, kita harus terus dukung pembangunan SPN ini, toh nanti masyarakt Gorontalo yang akan memanfaatkannya. Kapolri sejak tanggal 16 Juli lalu telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) tentang Pembangunan SPN, dan tidak terasa sudah tiga bualan lamanya pembangunan SPN telah dikerjakan. (rg-60/hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.