Kapolda Terima Curhatan Masyarakat Kabupaten Gorontalo

RGOL.ID, GORONTALO – Kapolda Gorontalo, Irjen Pol. Helmy Santika, menemui langsung masyarakat Kabupaten Gorontalo melalui program inovasi ‘Jum’at Curhat’. yang dilaksanakan setiap jumat.

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk program Ngobrol Bareng Polisi (NGOPI) tersebut dihadiri dihadiri langsung oleh para pejabat utama Polda Gorontalo dan berbagai elemen masyarakat Gorontalo, Jum’at (13/01/2023) di Hantaleya Cafe Kabupaten Gorontalo siang hingga sore.

Puluhan masyarakat dari beragam kalangan berbicara dengan Kapolda tanpa ada jarak. Banyak hal yang dipertanyakan dan masukan dari masyarakat kepada Kapolda Gorontalo, mulai dari angka kriminal tinggi yang dipicu oleh minuman keras, KDRT, pencabulan, perjudian, persoalan batu hitam, persoalan hukum yang kurang tegas hingga persoalan tahapan Pemilu.

Kapolda Gorontalo menyambut baik semua pertanyaan maupun kritikan yang tentunya untuk perbaikan kinerja Polda Gorontalo ke depan.

“kami berulang-ulang kali melakukan razia dan melakukan pengungkapan, bahkan menyita barang bukti minuman keras,” ungkapnya.

Jika ada pertanyaan kenapa masih ada peredaran minuman keras, maka tentunya oknum-oknum pelaku minuman keras ini akan mencari cara lain untuk tetap meloloskan peredaran minuman keras.

Jika polisi kerja sendiri, tentunya tidak akan mampu, sehingga itu butuh peran dan kerja sama semua stakeholder dan masyarakat.

Selain itu kata Helmy, ketika ada suatu ancaman, masyarakat harus menjadikan itu musuh bersama.

“polisi tidak bisa sendiri, polisi harus bekerja sama dengan semua elemen masyarakat, setidaknya masyarakat harus menjadi polisi bagi dirinya sendiri,” tutur Kapolda.

Hal senada disampaikan Ketua DPD KNPI Provinsi Gorontalo Ghalib Lahidjun yang memberikan apresiasi atas hasil survey tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Polri yang dilakukan oleh UNG, sehingga Polda Gorontalo dan jajaran mendapatkan nilai 74,1%.

“kami sangat berterima kasih karena selama ini, KNPI merasa selalu dilibatkan pada setiap kegiatan Polda dan kami merasa bangga karena hasil survey yang dilaksanakan UNG yaitu 74,1% kepuasan publik terhadap kinerja Polda Gorontalo, oleh karena itu suatu kebanggaan yang patut di apresiasi atas capaian survey ini.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Gorontalo, Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono mengatakan bahwa kegiatan Jumat curhat ini digelar secara rutin setiap minggu guna mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

“rutinitas Jum’at Curhat ini tidak hanya dilaksanakan Polda tetapi tingkat Polres hingga Polsek juga melaksanakan, tujuannya menampung unek-unek atau curhatan dari masyarakat untuk selanjutnya diberikan penjelasan maupun solusi,” terangnya.

Wahyu menambahkan, untuk memudahkan pelayanan yang cepat, Kapolda Gorontalo juga membuka layanan pengaduan melalui Hotline Pengaduan Kapolda di nomor 085173330986.

“silakan manfaatkan nomor tersebut untuk menyampaikan pengaduan ataupun informasi seputar Kamtibmas,” tuturnya. (LaAwal-46)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.