Gubernur bersama Kasad Jendral Mulyono, disela sela serahterima pasukan kepada Pangdam baru Mayjen TNI Madsuni di Manado, Sulawesi Utara, Senin (26/3)

RadarGorontalo.com – Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jendral TNI Mulyono, menyetujui pemberian nama pahlawan Gorontalo, Nani Wartabone, untuk dijadikan nama Komando Resort Militer (Korem) Gorontalo. Persetujuan tertuang dalam surat Peraturan Kepala Staf Angkatan Darat (Perkasad) No. 6 tahun 2018 tentang Penataan Satuan dan Pembentukan Satuan Baru Jajaran TNI AD. Beberapa poin dalam Perkasad tersebut di antaranya, Korem yang baru dibentuk tersebut diberi nama Korem 133/Nani Wartabone. Korem 133/Nani Wartabone akan membawahi 2 Kodim dan 1 Yonif.

Satuan di bawahnya yakni Kodim 1304/Gorontalo (ambil alih Kodal dari Korem 131/Santiago) dan 1 Kodim pembentukan baru (Kodim 1313/Pohuwato). Ada juga 1 Bataliyon Infanteri (Yonif) 713/Satyatama. “Keputusan untuk pengoperasian Korem Gorontalo sudah ditandatangani Kasad tinggal menunggu pelaksanaannya. Jadi namanya Korem 133/Nani Wartabone,” jelas mantan Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito usai serahterima pasukan kepada Pangdam baru Mayjen TNI Madsuni di Manado, Sulawesi Utara, Senin (26/3).

Sementara itu, Gubernur Rusli Habibie menyambut baik keluarnya Perkasad tersebut. Menurutnya, pemberian nama Nani Wartabone sudah tepat mengingatkan jasa-jasa Nani Wartabone yang besar dan sudah ditetapkan sebagai pahlawan nasional. “Kita perlu bersyukur bahwa pak Kasad memberi perhatian dan menerima usul gubernur untuk menjadikan Korem Gorontalo sebagai Korem Nani Wartabone. Ini merupakan bentuk penghargaan TNI kepada beliau sebagai pahlawan nasional yang berasal dari Gorontalo,” terang Rusli.

Rusli berharap dengan keluarnya Perkasad akan segera ditindaklanjuti dengan penunjukan Perwira Tinggi TNI sebagai Komandan Korem dan pengisian prajurit. Korem yang beralamat di Desa Pulubala, Kecamatan Isimu, Kabupaten Gorontalo itu nantinya akan memperkuat pengamanan darat Gorontalo dari setiap ancaman teritorial. Selain itu, penambahan personil diharapkan dapat membantu pemerintah dalam berbagai program pembangunan di daerah. (RG-25)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.