oleh

Kebakaran Lahan Terjadi di Bonebol

-Bone Bolango-241 Pengunjung

RGOL.ID – Gorontalo, Kebakaran lahan kembali terjadi di Kabupaten Bone Bolango (Bonebol), Senin (23/9) kemarin. Kali ini kebakaran lahan terjadi di Desa Ulantha Kecamatan Suwawa dan di Desa Luwohu Kecamatan Botupingge.

Di Desa Ulantha Kecamatan Suwawa, lahan yang terbakar milik Yamin Tangahu, sekitar pukul 12.30 wita. Melihat lahannya terbakar, Yamin segera memanggil warga dan kepala desa untuk segera dilakukan memadamkan api. Sumber api berasal dari tengah-tengah lahan yang dikelilingi ilalang yang sudah mengering.

Atas kejadian itu, satu unit mobil Damkar Dinas Satpol PP diturunkan untuk membantu warga bersama Personil Polres Bonebol dan Polsek Suwawa memadamkan api. Pada Pukul 13.40 Wita, api berhasil dipadamkan.

Kepala Bidang Damkar Dinas Satpol PP Kabupaten Bone Bolango, Roynal Akbar Otoluwa, mengatakan dalam satu bulan terakhir ini, kebakaran di Bonebol sudah 16 kasus. Pihaknya pun berupaya untuk memadamkan setiap kasus kebakaran itu.

Namun demikian, ada juga lokasi-lokasi kebakaran tertentu yang tidak bisa dijangkau oleh petugas pemadam kebakaran. Seperti lahan yang lokasinya sudah berada di puncak gunung atau memasuki hutan lindung. “tentu kita tidak bisa menuju ke lokasi-lokasi tersebut.

Harus dengan usaha yang lebih, seperti ada pemadaman lewat udara atau pemadaman dengan membuka akses hydrant ke lokasi atau titik-titik kebakaran,” ujarnya.

Roynal mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan dan sampah pada saat musim kemarau seperti ini. Jika ingin membakar sampah, maka harus diawasi dan jangan ada tumpukan besar.

Roynal menambahkan, jumlah anggota tim Damkar Bone Bolango cukup. “kita ada empat regu dan masing-masing regu terdiri dari 5-6 anggota. Kekuarangan kita saat ini adalah mobil Damkar,” ungkapnya.

“Alhamdulillah sampai saat ini kita masih dibantu Damkar Provinsi dan Kota Gorontao, termasuk dari BPBD Bone Bolango untuk mensuplai air ketika terjadi kebakaran,” tuturnya. (gus-57)


Komentar