oleh

Kejati Buka Kembali Kasus Korupsi Dana Bansos Dengan Sprindik Baru

-Gorontalo, Hukum-1.989 Pengunjung

GORONTALO (RGOL.ID) – Kejaksaan Tinggi Gorontalo, kembali membuka kasus dugaan korupsi dana bansos, setelah pihak LSM memenangkan gugatan praperadilan di PN Kota Gorontalo beberapa waktu lalu.

“Kita buka lagi kasus ini dengan sprindik baru,” ujar Kejati Gorontalo, melalui Kasie Penerangan Hukum (Kasie Penkum) Mohammad Kasad,SH, Senin (24/5/2021).

Namun begitu kata Kasad dalam perkara Bansos belum bisa memenuhi keinginan LSM untuk menyeret nama Hamim Pou sebagai tersangka.

Dimana untuk perkara ini, kata Kasad SH penentuan tersangka merupakan kewenangan penyidik kejati. “Perkara ini murni ada pidananya,” ujar Kasad.

Seperti diketahui bahwa, kasus korusi ini sempat dihetikan penyidikannya. Namun kemudian keluar putusan MA menyatakan bahwa penerbitan SP3 Nomor: PRINT-509/R.5/Fd.1/C9/2016 terhadap tersangka Hamim Pou, S. Kom. MH, dalam perkara tindak pidana korupsi dana bantuan sosial APBD Bone Bolango Tahun 2011-2012 adalah tidak saha dan batal demi hukum.

Putusan Mahkamah Agung (MA) melalui PN Kota Gorontalo, Diputus pada hari senin Tanggal 4 Juni 2018, yang dibacakan oleh Hakim Erwinson Nababan dalam sidang praperadilan terbuka untuk umum.

Dalam amar putusannya Hakim menetapkan sebagai berikut : MENGADILI:DALAM EKSEPSI- Menolak Eksepsi dari TermohonDALAM POKOK PERKARA

  1. Menerima dan Mengabulkan Permohonan PEMOHON untuk seluruhnya.
  2. Menyatakan bahwa Penerbitan Surat Penghentian Penyidikan dan Penuntutan (SP3) Nomor: PRINT-509/R.5/Fd.1/09/2016 terhadap Tersangka Hamim Pou, S.Kom, MH. dalam perkara Tindak Pidana Korupsi Dana Bantuan APBD Bone Bolango Tahun 2011-2012 adalah tidak sah dan batal demi hukum
  3. Memerintahkan kepada Termohon untuk mencabut Surat Penghentian Penyidikan dan Penuntutan (SP3) Nomor: PRINT-509/R.5/Fd.1/09/2016 terhadap Tersangka HAMIM POU S.Kom dalam perkara Tindak Pidana Korupsi Dana Bantuan APBD Bone Bolango Tahun 2011-2012.
  4. Memerintahkan Termohon untuk melanjutkan penyidikan terhadap Tersangka HAMIM POU S.Kom dan melimpahkan perkara Tindak Pidana Korupsi Dana Bantuan APBD Bone Bolango tahun 2011? 2012 dengan Tersangka HAMIM POU S.Kom kepada pengadilan;5. Membebankan biaya perkara kepada Termohon sejumlah NIHIL.(Agus)

Komentar