oleh

Kemenhut Saja Akui, Kota Layak Adipura

FOTO OPENING
Direktorat Pengelolah Sampah Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup RI, ketika ditemui Walikota Gorontalo Marten A Taha Senin (01/08) kemarin di Maqna Hotel Kota Gorontalo.(f/abink)

RadarGorontalo.com – Program Pemerintah Kota Gorontalo, dalam mewujudkan Kota Gorontalo sebagai kota bersih khususnya bersih dari sampah, akhirnya tercapai. Hal tersebut selain dibuktikan dengan peraihan Piala Adipura Kirana, yang belum lama ini diterima Pemerintah Kota di Kabupaten Siak. Juga diakui Sudirman, yang merupakan Kepala Direktorat Pengelolah Sampah Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup RI, ketika berkunjung ke Kota Gorontalo sejak Minggu (31/07) hingga Senin (01/08).

Kata Sudirman, dari peninjauan yang dilakukannya bersama rombongan dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup RI, wilayah Kota Gorontalo tidak ditemukan sampah. Sehingga Sudirman menegaskan, bahwa piala adipura kirana yang diterima Pemerintah Kota dari Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, itu layak diterima Pemerintah Kota. “Biasanya dimusim penghujan seperti ini, banyak sampah yang bertceceran di jalan.

Namun dari hasil peninjauan saya di seluruh lokasi se Kota Gorontalo, itu tidak ditemukan sampah,”terang Sudirman. Nah dari prestasi yang berhasil dicapai Pemerintah Kota ini, Sudirman menyerankan, Pemerintah Kota harus terus melahirkan program inovasi baru untuk meraih piala adipura lagi. Hal ini mengingat, tingkatan piala adupura yang dikejar Pemerintah Kota di depan, sudah lebih tinggi dari yang sebelumnya.

“Kalau sudah meraih Adipura Kirana, kedepannya Kota harus mampu melahirkan program baru, untuk kembali meraih prestasi yang bergengsi ini,”ungkap Sudirman. Kemudian Sudirman tambahkan, kunjungannya ke Kota Gorontalo tersebut sengaja dilaksanakan tanpa sepengetahuan Pemerintah Kota. Karena ingin mencari tahu atas pelaksanaan program, yang telah dipaparkan Pemerintah Kota lalu.

Namun dari hasil peninjauannya, tidak ada cela yang ditemukan sepanjangan Kota Gorontalo. “di Kota Gorontalo kami tidak menemukan adanya kejanggalan, dalam pelaksanaan program lingkungan. Dan jika kami temukan, ditemuan itu bertolak belakang dengan pemaparan program sebelumnya, maka kami akan mengkaji hasil program itu, dan disandingkan dengan temuan kami, setelah itu gelar adipura akan kami cabut,”terang Sudirman.

Sementara itu Walikota Gorontalo Marten A Taha sendiri, ketika dimintai tanggapan soal kunjungan pihak Direktorat Pengelolah Sampah Kementerian Kehutanan dan Lingkingan Hidup mengatakan. Bahwa Pemerintah Kota berterima kasih, atas kunjungan sekaligus peninjauan yang dilakukan pihak Pemerintah Pusat.

Karena menurutnya, peninjauan tersebut bukan hanya menjadi bukti rill, tapi menjadi penilaian tersendiri bagi Pemerintah Pusat, tentang prestasi yang diraih Pemerintah Kota. “Pembuktian yang dilakukan Direktorat Pengelolah Sampah Kementerian Kehutanan dan Lingkingan Hidup ini. Adalah, penilaian serta penghargaan khusus bagi Pemerintah Kota, karena dari sikan dan tindakan yang dilakukan Pemerintah Pusat ini, Kota Gorontalo dilihat terpandang dan diperhitungkan,”terang Walikota. (rg-62)


Jangan Lewatkan

Komentar