oleh

Keperawatan, Prodi Primadona di UMGO

-Pendidikan-378 Pengunjung

“Keperawatan adalah salah satu bidang yang menjadi primadona di kampus seluruh Indonesia. Setiap tahunnya tidak kurang dari ribuan calon mahasiswa memperebutkan kursi kuliah di jurusan ini.

Boomingnya jurusan ini membuat banyak orang menjadi penasaran, apa sih yang menjadi alasan masuk kuliah perawatan, sehingga banyak lulusan SMA/SMK yang menjatuhkan pilihannya pada jurusan ini”.

KAMPUS (RGOL.ID) – Perlu diketahui, bahwa jurusan keperawatan adalah jurusan yang mudah terserap di lapangan kerja, karena hampir semua rumah sakit membutuhkan tenaga ini.

Selain luasnya lapangan kerja, keperawatan juga termasuk ke dalam profesi yang dibutuhkan dalam jangka panjang, karena berhubungan dengan tenaga kesehatan yang diperlukan setiap hari.

Di Gorontalo, Jurusan Keperawatan paling favorit dapat ditemui di Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES), Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO). Jurusan ini terdiri dari 2 Program Studi (Prodi), yakni S1 Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners.

Ilmu Keperawatan telah berdiri sejak 3 Maret 2009, sedangkan Profesi Ners memiliki ijin operasional pada 4 Maret 2014. Prodi Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners telah terakreditasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) Indonesia dengan Predikat B (Baik) pada tahun 2017.

Ilmu Keperawatan merupakan program tahap akademik yang ditempuh selama 8 semester, sedangkan Profesi Ners merupakan tahap profesi yang ditempuh selama 2 semester.

Setelah mahasiswa lulus pada tahap akademik, mereka wajib melanjutkan ke tahap profesi keperawatan selama 2 semester, guna menghasilkan perawat yang profesional, mampu berkomunikasi secara elektif, menerapkan aspek Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK), lulus uji kompetensi dan tentunya siap kerja.

Sesuai dengan amanat UU No. 38 tahun 2014 tentang keperawatan, secara tegas disebutkan adanya uji kompetensi secara nasional untuk mempercepat peningkatan dan pemerataan kualitas lulusan tenaga kesehatan, termasuk lulusan program profesi Ners.


Komentar