oleh

Keren…,Kejari Kabgor Lucurkan E-Perpus. Produk Perda Juga Ada Disana

-rgol.id-280 Pengunjung

RGOL. ID. GORONTALO – Satu lagi inovasi Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Gorontalo layak diacungi jempol.

Pasalnya Korps Adhyaksa itu, ditahun 2021 ini meluncurkan aplikasi baru, E-Perpus atau perpustakaan elektronik bagi masyarakat umum, mahasiswa atau siswa sekolah.

Bernard Simanjuntak, Kasubag Pembinaan Kejaksaan Negeri Kabupaten Gorontalo saat ditemui mengatakan, hadirnya aplikasi ini untuk lebih mempercepat pelayanan kejaksaan bagi masyarakat khususnya pembaca.

” Ada kurang 1000 lebih judul buku yang ada dalam aplikasi E-Perpus itu yang kami sediakan bagi pembaca, yang ingin tahu produk-produk hukum, atau literasi tentang hukum yang berlaku di Indonesia,” ujar Bernard.

Bernard menambahkan selain buku produk hukum yang umumnya sudah dicetak oleh para pakar hukum dinegeri ini, produk peraturan daerah juga ada disana.

” Ya, itu dalam bentuk e-book. Perda- perda atau perbup atau hal lainnya. Yang itu bisa didownload langsung. Sementara yang dalam bentuk buku murni itu modelnya pinjam. Pinjam dalam batas waktu tertentu sesuai aturan E-Perpus,” jelasnya.

Bukan hanya buku produk hukum. E-Perpus kejaksaan juga menyediakan buku untuk anak-anak. Sehingga sasarannya bukan hanya orang dewasa, tapi juga anak anak bisa meminjam buku bacaan yang kami sediakan.

Aplikasi ini sendiri kata Bernard bisa didownload lewat aplikasi play store, lalu ada petunjuknya. Dalam artian kita login atau mendaftar, ” Kita cukup mengisi biodata yang diperlukan,” tutur Bernard.

Soal aplikasi ini secara perlahan kata Bernard, mulai akan disosialisasikan pula dengan pihak perguruan tinggi. Sehingga kebutuhan akan produk hukum dalam menyusun tesis atau hanya sekedar ingin tahu tata letak hukum tertentu bisa dilihat diaplikasi ini.

” Intinya E-Perpus berniat ingin memutus rentang kendali ketika kita ingin menambah literasi pengetahuan kita soal hukum. Dan saya pastikan ketika sudah login, ada disitu yang namanya tambahkan dikeranjang, maka petugas kami langsung mencarinya, menyediakannya diruang masuk kejaksaan, dan warga tinggal mengambilnya, tanpa tunggu lama-lama bukunya sudah ada,” tutupnya. (Qn)


Komentar