oleh

Kesejahteraan Perempuan di Sektor Unggulan

-Perempuan-312 Pengunjung

GORONTALO, PG – Pendidikan dan Kesehatan, adalah dua sektor utama, yang mayoritas digalakan di sejumlah daerah se Indonesia. Tidak saja menjadi program unggulan di lingkup pemerintah provinsi (Pemprov) Gorontalo dalam dua periode pemerintahan, sejak 2012 hingga saat ini.

Namun juga di 6 kabupaten/kota se provinsi Gorontalo, 2 program ini terus berkesinambungan, meskipun berganti pimpinan pemerintahan.

Tak heran, para tokoh dan kaum perempuan di provinsi Gorontalo, senantiasa mengharapkan, dukungan pengembangannya tidak saja pada kesiapan sarana prasarana, bantuan pendidikan dan alat medis, hingga beasiswa bagi mereka pelajar kurang mampu.

Namun yang tak kalah penting dukungannya, harus pula disertakan pada mereka, kalangan honorer yang bergerak di dua bidang ini.

Dimana, menurut srikandi PKS, Upik Nadjamudin, masih banyak tingkat kesejahteraan para honorer tenaga pendidik dan tenaga kesehatan yang tersebar di provinsi Gorontalo, kerap masih jauh dari harapan. Terkait gaji atau upah serta insentif honor yang mereka terima.

Bahkan, yang telah mengabdi sekian lama, masih jauh pendapatannya sesuai Upah Minimum Provinsi (UMP) yang mereka harapkan.

“Sementara, aktivitas dan rutinitas keseharian yang mereka lakukan, begitu berat, hingga menjangkau dan ditugaskan ke wilayah-wilayah terpencil” ungkap Upik, di sejumlah kesempatan.

Dalam artian, menurut Upik lagi, mestinya dukungan pemberian kesejahteraan yang memadai terhadap para pelaku akan penunjang sektor pendidikan dan kesehatan ini, harus turut pula diperhatikan oleh pemerintah.

Karena bagaimana pun, secara tidak langsung mereka hadir, dalam mengemban misi peningkatan SDM-SDM provinsi Gorontalo, yang cerdas, kuat dan sehat.

Sehingga, dukungan peningkatan kesejahteraan untuk para honorer perempuan di bidang pendidikan dan kesehatan ini, akan menjadi roh dan motivasi pemberi semangat, akan penciptaan SDM-SDM yang handal dan berdaya guna, pelanjut pembangunan di daerah. Bahkan, untuk nusa, bangsa dan negara. (ay1)


Komentar