Ketahuan Memeras Kepsek, Oknum Anggota LSM Kena OTT

RadarGorontalo.com – Tiga orang oknum anggota sebuah lembaga swadaya masyarakat (LSM), terkena operasi tangkap tangan (OTT) saat ketahuan memeras salah seorang kepala sekolah. Uang senilai Rp. 2 juta, dan satu buah kartu pers diamankan dari ketiga pelaku.

Dalam beroperasi ketiga pelaku masing-masing berinsial IG, M dan MS mengatasnamakan sebuah organisasi bernama Lembaga Pengawasan Kebijakan Pemerintah dan Keadilan atau disingkat LP-KPK. Korbannya adalah Kepala Sekolah SDN 43 Kota Gorontalo Fransiska Indriani Ishak. Modusnya cukup sederhana, ketiga pelaku mengancam akan melaporkan korban dengan tudingan, telah melakukan pelanggaran hukum terkait sumbangan dari orang tua siswa kepada pihak sekolah. Sejumlah uang pun diminta, sebagai jaminan masalah itu tidak diadukan.

Kabid Humas Polda Gorontalo AKBP. Wahyu Tri Cahyono, mengatakan 3 pelaku telah diamankan bersama barang bukti saat Oprasi Tangkap Tangan (OTT). Seperti uang tunai sebesar 2 juta, dan beberapa atribut LP-KPK dan satu buah kartu PERS, yang dijadikan bahan ancaman buat korban. “Mereka bertiga tertangkap tangan oleh Polres Gorontalo Kota, saat melakukan pemerasan kepada korban,” ujarnya.

Tiga pelaku ini terancam akan dijerat dengan pasal 368 ayat (1) KUHP diancam pidana penjara paling lama sembilan tahun. Serta melanggar pasal 59 UU nomor 2 tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan. (rg-60)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.