oleh

Keterangan Saksi GORR.Menguatkan, AWB Tak Bersalah

-Hukum & Kriminal-1.318 Pengunjung

GORONTALO (RGOl.ID)—Ada fakta menarik terkait penjelasan kesaksian untuk tersangka kasus Gorontalo Outer Ring Road untuk tersangka AWB alias Asri dalam persidangan yang dipimpin oleh majelis Hakim Prayitno Iman Santoso, Cecep Dudi Mukhlis Sabigin dan Banelaos Naispospos .

Pasalnya saksi saksi yang dihadirkan oleh JPU dalam persidangan dalam keterangannya banyak yang tidak terkait langsung dengan terdakwa AWB alias Asri.

Seperti 6 keterangan saksi dalam persidangan yang berlangsung Kamis 4/3 kemarin yang menghadirkan 5 saksi kepala desa dan Masnun Ali selaku bendahara di Biro pemerintahan.

Dimana lima saksi kepala desa yakni Yasin Ingo Kades Haya Haya, Rustam Atowani Kades Padengo,Burhan Kades, Umbulo,Samsudin Taeb Kades Huidu Utara, Halim Kau Kades Pone, tidak pernah berhubungan dengan terdakwa.

Soal pengadan tanah kepala desa membenarkan. ada pembebasan lahan di desa mereka masing masing.

Namun mereka lebih banyak berhubungan dengan BPN, dalam proses pendataan, berupa pengukuran tanah serta memastikan keabsahan tanah sertifikat dan surat keterangan penguasaan fisik tanah (kepemilikan tanah) langsung oleh pihak BPN yang datang di desa .

“Yang tidak ada sertifikat, sesuai petunjuk dari BPN Kusno Katilie untuk dibuat surat keterangan penguasaan fisik tanah sebagai bukti kepemilikan tanah yang ditandatangan tangani oleh pemilik tanah, saksi dan kepala desa.

Dan tidak ada dobel pembayaran,’ ujar kepala desa Padengo Rustam Atowani menjawab pertanyaan JPU.

Keterangan dari Kades Padengo. Mirip dengan kepala desa lainnya yang menjadi saksi. “ terkait dengan pembuatan surat keterangan penguasaan fisik tanah sebagai penganti sertifikat, itu sesuai dengan arahan BPN melalui pak Kusno Katilie.

Dan itu dibuat di desa dari pagi hingga malam hari. Dan ditunggu oleh Kusno Katilie dari BPN.

Katanya tinggal data ini yang ditunggu, jika tanpa data ini maka tidak bisa dicairkan uang ganti rugi kepemilik lahan,’ ujar kades Samsudin Taeb kepala desa Huidu Utara.


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.