oleh

Keterangan Saksi GORR.Menguatkan, AWB Tak Bersalah

-Hukum & Kriminal-1.358 Pengunjung

Dan rata rata kesakian 5 kepala desa ini tidak kenal dengan terdakwa AWB alias Asri.

Dari kesaksian 5 kades ini, sama sekali tidak ada kaitanya dengan tersangka AWB. Karena memang sesuai fakta persidangan. Dalam tahap perencanaan dan pelaksanaan tahun 2012 2013 AWB alias Asri belum dilibatkan dalam perkara ini.

Nanti setelah pertengahan tahun 2014 barulah terdakwa AWB alias Asri dilibatkan karena ia didapuk menjadi kepala biro pemerintahan di jajaran perintah Provinsi Gorontalo.

Herannya, AWB satu satunya pegawai Pemprov yang dijadikan tersangka bahkan ditahan dalam kasus yang dinilai merugikan negara Rp 43.356.992.

Fakta fakta persidangan mulai memunculkan dugaan dugaan kalau ABW sepertinya hanya dijadikan tumbal dalam kasus ini. Lalu siapa yang dilindungi ? inilah yang menjadi pertanyaan.

Fakta lain, kesaksian mantan sekdaprov Winarni Monoarfa. Ia dengan tegas mengatakan kedudukan KPA dan PA itu sama. Bahkan Winarni mengaku ia merupakan pejabat pertama yang mencairkan dana GORR ini.

Karena ia selaku PA melaksanakan tugas KPA yang saat itu sedang berhalangan, menunaikan ibadah haji. Nanti setelah kembali dari ibadah haji (cuti) barulah AWB alias Asri melanjutkan tugasnya selaku KPA.

Lalu kenapa hanya KPA yang ditahan ? Fakta lainya, mantan Kepala BPN Gabril Triwibawa yang dijadikan tersangka, sampai saat ini berkasnya juga belum sampai di pengadilan.

Padahal peran BPN menjadi sangat vital, mengigat data hasil validasi dan verifikasi inilah yang menjadi syarat pembayaran oleh pemprov. Jangkan ditahan Gabriel tidak pernah dijadikan saksi untuk tersangka lainnya.

Padahal posisi Kepala BPN Gabril Triwibawa sangat berperan dalam proses validasi pengadaan tanah. Tanpa hasil validasi dari BPN dan tim pengadaan tanah, tak akan mungkin proses pembayaran ganti rugi akan terjadi. (riel/rg)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.