oleh

Ketua IBI Gorontalo Beri Materi ANC Di Panum Bidan UMGO

RGOL.ID – Program Studi Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) menggelar kegiatan Kepaniteraan Umum (Panum) angkatan II Tahun akademik 2021- 2022 yang berlangsung 8 – 14 maret 2022 di Laboratorium Fikes.

Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Provinsi Gorontalo Ridha Hafid, S. ST, M. Kes tampil sebagai pemateri terakhir Panum (14/3/2022) dengan judul materi Antenatal Care (ANC).

Ridha Hafid menjelaskan kunci dari semua pelayanan kebidanan adalah ANC, jika ANC dilaksanakan betul maka tidak akan ada kematian ibu, kematian bayi dan stunting,” tegasnya.

Lanjut Ridha Hafid Candidat Doktor di Unhas menjelaskan Natal adalah kelahiran, jadi Antenatal adalah persiapan kelahiran, jadi apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum kelahiran.

Ada empat yang perlu dipersiapkan yaitu Insfeksi (melihat) Palpasi (meraba), Auskultasi (mendengar) dan Perkusi (mengetuk).
Bagaimana mengontrol mata, melihat mata, bisa melihat mana yang bisa lahir normal atau tidak, itu semua butuh skill kita semua.

Fakta menarik ketika saya rapat dengan BPJS Kesehatan, Dimana Gorontalo menjadi juara SC, tanggal cantik kemarin 22-2-2022 sampai 40 yang SC satu dokter, coba bayangkan itu.

Ini perlu solusi kita semua untuk menjelaskan ke ibu hamil untuk cuci otak untuk bisa melahirkan normal jika bisa normal, dan BPJS juga harus mendanai kelas ibu hamil,” harapnya.

Sebagai Profesional kita harus bekerja dengan Hand (tangan) dan Heart (hati) dan kuncinya harus bekerja dengan hati nurani, karena dengan hati yang baik kita akan diterima dimana saja dan akan menolong orang lain dengan tulus jika hati kita terjaga,” tutupnya.

Fifi Ishak, SKM, M. Kes selaku penanggungjawab Panum ketika dikonfirmasi menjelaskan Panum merupakan kegiatan awal untuk menyiapkan mahasiswa sebelum masuk rumah sakit dan puskesmas tegasnya.

Lanjut Fifi Ishak menyampaikan kami dosen kebidanan berharap mahasiswa akan memiliki motivasi dan kepercayaan diri dalam menjalani praktek klinik nantinya,” tutupnya.(*)

Galeri Foto


Komentar