oleh

Kewirausahaan Perempuan Sejak Dini

RGOL.ID, Gorontalo - Enterpreneurship, atau dunia kewirausahaan, tidak dipungkiri menjadi harapan bagi banyak kaum perempuan untuk bisa digeluti. 

Hingga menjadikan mereka manusia yang mandiri, dalam upaya mendukung peningkatan ekonomi keluarga mereka masing-masing. Olehnya, anggota Komisi IV Deprov Gorontalo, Djahara Mauda, mengharapkan program-program dan kegiatan akan kewirausahaan bagi kalangan perempuan ini, tidak hanya ditopang dengan segala dukungan bantuan ekonomi kerakyatan dari pemerintah, sebagai penunjangnya. 

"Namun juga perlu dibarengi dengan program-program dan kegiatan, dengan bagaimana menciptakan pelatihan kader-kader muda, SDM penggiat usaha perekonomian, sejak usia pemula.

" ujar Djahara, di sejumlah kesempatan. "Dalam artian, tidak nanti setelah mereka berumah tangga. Tetapi sejak mereka di bangku sekolah dan usia remaja, perlu ada program-program membangun kewirausahaan sejak dini, turut diterapkan oleh pemerintah," harap srikandi dari PAN ini.

Karena, disatu sisi, harapannya, menurut Djahara, selain upaya ini untuk menekan angka pengangguran dan pengentasan kemiskinan di provinsi Gorontalo. 

"Pada sisi lain pula, dengan pemberian ketrampilan untuk dunia usaha sejak mereka remaja, akan lebih banyak membuka potensi dan peluang mereka, bisa menentukan profesi yang tepat, sebagai pegangan ekonomi mereka di hari tua, atau kelak mereka telah berkeluarga nanti. Dengan menjadikan mereka, wanita yang kuat dan mandiri, penopang hidup keluarga mereka masing-masing," tukas dia. (ay1)

Komentar