sumber : CRC

Rakyat Reward Rusli-Idris 

RadarGorontal.com – Rakyat Gorontalo menunjukkan sikap puas atas kinerja Rusli Habibie – Idris Rahim dalam memimpin Provinsi Gorontalo. Sebanyak 72 persen publik Gorontalo menyatakan puas, dan hanya 17,6 persen yang menyatakan tidak puas atas kinerja pemerintahan Rusli-Idris. “Tingkat kepuasan yang tinggi terhadap kinerja Rusli sebagai gubernur, tak lepas dari persepsi positif publik atas isu-isu penting yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari mereka. Sebanyak 76 persen pemilih misalnya menilai pelaksanaan pemerintahan propinsi Gorontalo relatif baik,” kata Direktur Celebes Research Center (CRC) Imam Soeyoeti.

Begitu juga dengan penilaian terhadap kondisi politik di Provinsi Gorontalo. Rakyat Gorontalo menilai, kondisi politik selama kepemimpinan Rusli-Idris 74 persen dinilai kondusif.  “Untuk kondisi keamanan sebanyak 93 persen, menilai Gorontalo semakin aman,” tukasnya. Sementara pada aspek ekonomi, 65 persen pemilih menilai kondisi perekonomian di Gorontalo juga semakin membaik.  Secara teroris menurut Imam, Pilkada adalah instrumen yang disediakan dalam sistem demokrasi untuk rakyat memilih pemimpinnya.

Maka, sejatinya pilkada adalah juga sarana rakyat untuk memberikan penghargaan (reward) dan hukuman (punishment), terhadap pemimpin atau calon pemimpin yang berlaga dalam kontestasi pemilu/pilkada. “Jika serorang figur pemimpin dinilai berhasil dan banyak berbuat untuk rakyat, maka secara teoritis rakyat akan memberikan reward dengan memilihnya kembali. Sebaliknya jika pemimpin dinilai gagal, maka rakyat akan menghukumnya dengan tidak memilihnya kembali,” pungkasnya. (rg-50)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.