KKN Kebangsaan 2017, Tak Lengkap Tanpa Pinogu

SEKDA Ishak Ntoma saat berkunjung ke Kecamatan Pinogu, beberapa waktu yang lalu. (F.dok)

RadarGorontalo.com – Pemda kabupaten Bone Bolango menyambut baik atas ditunjuknya Bone Bolango menjadi tuan rumah dan lokasi pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan tahun 2017. Ada sekitar 300 orang mahasiswa-mahasiswa pilihan dari perguruan tinggi terkemuka di Indonesia yang akan mengabdikan dirinya dan membagi bidang ilmunya kepada masyarakat di kabupaten Bone Bolango.

“Pemda tentu sangat bahagia dan merasa bangga dengan penuh syukur untuk menyambut para mahasiswa melaksanakan KKN Kebangsaan di Bone Bolango.” ujarnya. Hanya saja, ada catatan yang perlu dicermati oleh panitia pelaksanaan KKN Kebangsaan tahun 2017, baik panitia pusat dari Kementerian Dikti maupun dari panitia pihak Universitas Negeri Gorontalo (UNG).

Panitia telah memilih beberapa kecamatan yang akan menjadi lokus tempat lokasi KKN Kebangsaan, yakni Bulango Ulu, Suwawa Selatan, Suwawa Timur, Botupingge, Tilongkabila, Kabila Bone dan Bone Pantai. “kita mengharapkan dengan Kecamatan Pinogu, dan alhamdulillah mereka setujui termasuk Pinogu.” paparnya.

Sekda menggaris bawahi bahwa Pinogu itu adalah daerah yang sangat terisolir yang belum merasakan arti sebuah kemerdekaan. Tidak lengkap arti sebuah KKN kebangsaan kalau Pinogu tidak masuk dalam kegiatan KKN Kebangsaan ini. KKN Kebangsaan memberikan tugas kepada mahasiswa dalam rangka merajut bersama tali kebangsaan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) melalui program kedaulatan pangan dan konservasi.

Dari sisi konservasi, Pinogu adalah catchment area atau daerah tangkapan air yang perlu dijaga, lindungi dan pertahankan karena sebagai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW). Melalui pelaksaan KKN Kebangsaan tersebut, maka bagaimana mempertahankan keunikan hutannya, mempertahankan keperawanan hutan yang ada disana.

Sekda menuturkan, para mahasiswa KKN Kebangsaan ini rencananya akan datang ke Gorontalo pada tanggal 24 Juli 2017 mendatang dan nantinya akan diterima di Kompi Markas Batalyon 713/ST Gorontalo. Kurang lebih 3 hari mereka diberikan pembekalan wawasan kebangsaan dan pengetahuan kewiraan dan nanti pada tanggal 27 Juli 2017 mendatang baru itu akan diserahkan ke Pemda Bone Bolango. “kegiatanya selama 1 bulan, sejak tanggal 27 Juli 2017 sampai dengan 28 Agustus 2017.” tuturnya. (RG-46)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.