oleh

KKN Tematik UNG Gelar Lomba PHBS dan Memfasilitasi Kegiatan Vaksinasi Bagi Warga Desa Langgula

RGOL.ID, GORONTALO – Berbagai program kegiatan dilaksanakan Mahasiswa KKN Tematik Universitas Negeri Gorontalo (UNG), di Desa Langgula, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo. Salah satunya adalah program kesehatan masyarakat yakni Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Selain itu, program lain yang menjadi fokus mahasiswa KKN Tematik di Desa Langgula adalah membangun kesadaran masyarakat untuk mengikuti vaksinasi. Hal ini sebagaimanan disampaikan Dosen Pembimbing KKN Tematik Desa Langgula, Mulis, S.Pi, M.Sc.

Memang kata Mulis, program vaksinasi di Desa Langgula ini sangat penting, karena berdasarkan data Desa yang disampaikan Kepala Desa Langgula, Fadli R. Otoluwa, S.Pi, jumlah masyarakat di Desa Langgula yang mengikuti vaksinasi masih terbilang sangat rendah.

Sehingga itu, Mulis mengarahkan agar mahasiswa KKN Tematik membantu pemerintah Desa Langgula untuk mensosialisasikan PHBS dan Vaksinasi kepada masyarakat.

Sehingga itulah, pada minggu-minggu pertama, mahasiswa KKN Tematik di Desa Langgula fokus membantu kegiatan-kegiatan PKK sekaligus mensosialisasikan kepada masyarakat Desa Langgula tentang pentinya vaksinasi Covid-19.

Ada beberapa poin yang disosialisasikan mahasiswa KKN kepada masyarakat Desa Langgula, diantaranya vaksin itu aman dan halal.

“mahasiswa juga rutin menghimbau masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, menyediakan tempat cuci tangan, menyediakan hand sanitizer, memakai masker, sering mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan lainnya,” ujar Mulis.

Dan tepatnya pada hari Selasa (19/10/2021), mahasiswa KKN Tematik UNG bekerjasama dengan Karang Taruna Desa Langgula, Pemerintah Desa Langgula dan Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo, memfasilitasi kegiatan vaksinasi bagi masyarakat Desa Langgula.

“alhamdulillah, dari kegiatan vaksinasi ini, banyak masyarakat Desa Langgula yang ikut vaksinasi,” ungkapnya. Selain kegiatan vaksinasi, program lain yang dilakukan mahasiswa KKN Tematik Desa Langgula, adalah program PHBS.

Dimana program ini dibuat dalam bentuk lomba PHBS antar dusun yang digelar selama hampir satu bulan selama bulan Oktober 2021.

Program PHBS ini kata Mulis, bertujuan menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kebersihan lingkungan rumah serta bagaimana memanfaatkan pekarangan rumah untuk tanaman toga keluarga.

Pada lomba PHBS ini, kriteria yang dinilai adalah penataan pagar, kebersihan lingkungan, dan tanaman toga. “alhamdulillah program PHBS ini juga mendapat respon positif dari masyarakat,” jelasnya. Mulis. (awl)


Jangan Lewatkan

Komentar