oleh

Koalisi Pilgub Tergantung Pilpres

-Headline-397 Pengunjung

Gorontalo (RGOL) – Sepertinya para ASN di Pemprov nyaman-nyaman saja, siapapun yang nantinya jadi Gubernur, tak ada masalah untuk mereka, karena dari nama-nama Cagub yang sudah muncul kepermukaan adalah orang-orang yang sudah punya pengalaman di pemerintahan, dan para Cagub ini sudah saling kenal dengan mereka. Jadi siapapun yang jadi Gubernur, tidak masalah.

Seperti yang sudah pernah diberitakan, semua mantan Bupati dan Walikota akan maju di Pilgub, mereka adalah Marten Taha, Nelson Pomalingo, Syarief Mbuinga, dan Hamim Pou. Demikian juga dengan dua Aleg DPR RI, Elnino Mohi dan Idah Syahidah, mereka  berdua juga akan maju di Pilgub.

Sejumlah Pejabat di Pemprov memang agak khawatir kalau Pilgub akan berlangsung panas, karena hal ini akan berimbas pada mereka. “kalau politiknya tak stabil, maka pasti akan sangat mengganggu kenyamanan dalam bekerja,” kata seorang pejabat.

Makanya mereka berdoa agar Pilgub berlangsung penuh kekeluargaan dan tak meninggalkan dendam politik. Seperti diberitakan beberapa hari lalu, Golkar sudah hampir pasti menampilkan dua kadernya untuk berpasangan, yaitu Idah dan Syarief, sementara partai-partai lainnya seperti PPP, Nasdem, PDIP, PKS, dan PAN masih belum memastikan siapa yang mereka usung di Pilgub.

PPP sudah pasti akan menjagokan Nelson sebagai Ketua DPW PPP, begitu juga Nasdem, pasti akan menjagokan Hamim Pou. Demikian pula dengan PDIP, pemilik 7 kursi di Deprov ini, tentu tidak akan menjadi penonton, mereka juga punya Kris Wartabone, meskipun Ketua DPD PDIP itu tidak begitu tertarik maju di Pilgub.

Sementara Gerindra juga akan menampilkan Elnino di Pilgub. Nah, partai-partai mana yang nantinya akan berkoalisi di Pilgub akan ditentukan oleh koalisi di Pilpres.

Misalnya PDIP – Gerindra, dua partai ini sudah bisa dipastikan akan koalisi di Pilpres, sementara partai-partai Islam seperti, PPP, PKS, dan PKB juga sedang menjajal untuk membangun koalisi. Nah, kalau itu terjadi di Pilpres, maka besar kemungkinan koalisi itu akan terjadi juga di Pilgub. (awal-46)


Komentar