oleh

Kodim Bonebol Dibangun Tahun 2020

RGOL.ID, Gorontalo – Panglima Komanda Daerah Militer (Pangdam) XIII/Merdeka, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Arios Tiopan Aritonang didampingi Danrem 133/Nani Wartabone Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw, Bupati Bone Bolango Hamim Pou, dan Sekda Ishak Ntoma melakukan peninjauan lokasi pembangunan markas Komando Distrik Militer (Kodim) Bone Bolango, Jumat (6/9).

Lahan seluas 4,4 hektar di Desa Tunggulo Kecamatan Tilongkabila yang disiapkan Pemkab Bone Bolango dinilai layak dan memenuhi syarat untuk pembangunan markas Kodim Bone Bolango.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengatakan, dengan dibangunnya markas Kodim Bone Bolango, ini diharapkan akan menjadi salah satu kutub pertumbuhan baru di Bone Bolango. “hadirnya Kodim di Bone Bolango, tentu daerah tambah aman.

Begitu juga, karena kita sudah punya Kodim, maka lengkaplah sudah Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Bone Bolango,” katanya. Hamim melanjutkan, pembangunan Kodim Bone Bolango ini adalah komitmen Pemda, bahkan selaku Bupati Bone Bolango,

Hamim sudah menyampaikan langsung komitmen itu beberapa waktu lalu kepada Kepala Staf TNI AD di Jakarta, agar Kodim Bone Bolango bisa berdiri sendiri.

“Sebagai bentuk komitmen Pemda dan masyarakat Bonebol, kita siapkan lahan untuk pembangunan Kodim,” ungkap Hamim, sembari berharap kepada masyarakat setempat untuk mendukung sepenuhnya agar tahun depan pembangunan markas Kodim Bone Bolango sudah bisa direalisasikan.

Sementara itu, Pangdam XIII/Merdeka Mayor Jenderal TNI Arios Tiopan Aritonang mengungkapkan, bahwa tugas TNI itu meliputi dua hal, yakni pertama melaksanakan operasi militer untuk perang kepada negara lain, dan kedua operasi militer selain perang, di antaranya membantu pemerintahan di daerah.

Pada kesempatan itu, Pangdam menyampaikan terima kasih kepada Bupati Hamim Pou dan seluruh masyarakat Bone Bolango, khususnya masyarakat di Desa Tunggulo yang sudah mendukung rencana pembangunan markas Kodim Bone Bolango di wilayah itu.

“kalau Kodim sudah ada disini, tentu masyarakat juga akan aman. Tidak hanya itu, hadirnya Kodim di wilayah ini, juga akan mendorong pertumbuhan dan geliat perekonomian masyarakat sekitar,” tuturnya.

Ia menambahkan, karena lokasinya strategis dan memenuhi syarat, maka pembangunan Kodim Bone Bolango disetujui dibangun di Desa Tunggulo. Tinggal kita tindaklanjuti dengan proses administrasi berupa berita acara serah terima dari Pemkab Bone Bolango ke TNI AD.

Karena salah satu persyaratannya kalau membangun Kodim lahannya harus menjadi lahan TNI AD terlebih dulu. Nanti itu akan ditindaklanjuti oleh Bupati dengan penyerahan tanah ke TNI AD, kemudian kita anggarkan pembangunannya.

“Semoga tahun 2020 nanti itu bisa kita wujudkan. Paling lambat tahun 2021. Kita upayakan secepatnya dan pasti kita akan bangun disini, di Desa Tunggulo Kecamatan Tilongkabila,” pungkas Arios Tiopan Aritonang yang sejak 13 Juli 2018 mengemban amanah sebagai Pangdam XIII/Merdeka itu.

Pantauan di lokasi, usai melakukan peninjauan lokasi pembangunan markas Kodim Bone Bolango, Pangdam juga juga menyempatkan waktu meninjau lokasi pembangunan Koramil Tilongkabila di Desa Bongoime Kecamatan Tilongkabila.

Selanjutnya, Pangdam bersama rombongan dijamu makan siang oleh Bupati Hamim Pou di Bandayo Rudis Bupati Bone Bolango. (wal-46)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *