abd karim aljufrie

Komisi I DPRD Kabupaten Gorontalo Seriusi Kelangkaan Pupuk di Awal 2023

Image
Syarifudin Bano

RGOL.ID – Kelangkaan pupuk bersubsidi mulai dirasakan masyarakat pertanian di Kabupaten Gorontalo di awal tahun 2023 ini.

Hal tersebut diseriusi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo melalui Komisi I.

Komisi I pun telah menjadwalkan rapat dengan instansi teknis terkait, diantaranya Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo, Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo.

“Kita juga mengundang pihak distributor pupuk, kios dan juga perwakilan Gapoktan,” imbuh Ketua Komisi I Syarifudin Bano, ketika diwawancarai usai rapat internal Komisi I, Senin (16/1) kemarin.

Politisi Partai Demokrat itu menjelaskan, akibat kelangkaan tersebut, pupuk yang diterima petani tak lagi sesuai standar pemupukan yang ada.

“Jadi, yang tadinya dalam 1 hektare lahan bisa dapat hingga 500 kg dengan perbandingan 6/40, sekarang 1 hektare tinggal 8 karung. Jadi, 300 dengan 100 Ponska,” jelas Syarifudin.

Padahal, lanjut kata Aleg Dapil Boliyohuto Cs itu, idealnya, untuk menghasilkan produk pertanian yang bagus dan melimpah, sudah harus sesuai standar yang ada.

“Artinya, jumlah pupuk per hektarnya terpenuhi. Karena sekarang yang kita harapkan bagaimana petani bisa sejahtera,” terangnya. (RG-56)

Bagikan berita

Tinggalkan Komentar

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

mUNGKIN ANDA LEWATKAN

15.642 Pemilih di Delete KPU
15.642 Pemilih di Delete KPU
Nov 7, 20162 min baca
Pasangan Yani – Ahmad di…
Pasangan Yani – Ahmad di…
May 21, 20172 min baca
Hiu Paus : Pergi Untuk…
Hiu Paus : Pergi Untuk…
Aug 17, 20162 min baca