RGOL.ID (GORONTALO) –Seluruh Anggota Komisi I terkagum kagum ketika berkunjung ke Desa Tabongo Timur, Jum’at siang tadi. Bagi mereka kerja kerja Kades dan jajarannya memang luar biasa, ditambah lagi rakyatnya yang sangat menunjang.

Harus diakui kalau Desa Tabongo memang layak menerima penghargaan dari KPK sebagai Desa anti korupsi dengan predikat istimewa.

Ternyata kata AW Talib lagi, Desa Tabongo ini sangat berprestasi dengan meraih banyak gelar juara dalam lomba lomba Desa.

Hebatnya lagi, Desa Tabongo punya 7 bidang usaha, salah satu memprodusi Minyak Sehat Sachita , yang perbotolnya 200 ribu rupiah. Minyak ini kata Direktur Bundes Desa Tabongo Timur sudah dipasarkan di luar Gorontalo lewat Tokopedia.

Lalu AW Talib tanya apa yang dibutuhkan Desa Tabongo untuk menunjang program program Desa. Mendapat pertanyaan itu, Kades Tabongo, Hariyanto Ismail tersenyum, lalu dengan penuh harap dia menyampaikan kalau mereka sangat membutuhkan rumah produksi sekaligus Teknologi Tepat Guna, mereka juga butuh rehabilitasi Kantor Desa.

Selain itu mereka juga butuh kendaraan oprasional seperti VIAR. “Ini bisa lewat Pokir,” kata AW Talib pada salah seorang Aleg. Sedangkabn yang lainnya AW Talib berjanji kalau Deprov akan memperjuangkannya.

AW Talib kemudian tana, apakah ada desa desa dari Gorontalo yang belajar si Desa Tabongo, menjawab pertanyaan itu, Kades mengatakan yang datang study banding banyak yang datang dari wilyah Sulut.

Sementara itu Hidayat Bouty, mengakui kalau apa yang sudah dikerjakan di Desa Tabongo sulit diterapkan di desa lain, namun begitu akan santat bagus kalau Gorontalo punya banyak Desa Desa seperti Tabongo.

” Saya lihat Pemdes dan rakyatnya sama sama saling mendukung, dan peduli,” kata Aleg Deprov dari Dapil Boalemo Pohuwato ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.