oleh

Korem 133/NWB Gelar Lomba Dayung di Danau Perintis

RGOL.ID, Gorontalo – Kegiatan lomba dayung perahu tradisional yang dipusatkan di Danau Perintis Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, mewarnai kemeriahan rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-1 Komando Resor Militer (Korem) 133/Nani Wartabone, Kamis (12/09).

Kegiatan lomba dayung perahu tradisional ini diikuti 44 peserta perwakilan seluruh Koramil di wilayah Korem 133/Nani Wartabone. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Danrem 133/Nani Wartabone, Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw bersama Wakil Bupati Bonebol, Mohamad Kilat Wartabone.

Mengawali sambutannya, Arnold menyampaikan terima kasih kepada Pemda dan masyarakat Bone Bolango yang telah mengijinkan danau perintis menjadi pusat kegiatan lomba dayung perahu.

Digelarnya lomba dayung perahu tradisional di danau perintis ini bertujuan agar masyarakat Bone Bolango ambil bagian dalam HUT Korem, sekaligus memperkenalkan danau perintis sebagai objek wisata.

Sebelum kegiatan lomba dayung, Danrem 133/Nani Wartabone didampingi Wabup Kilat Wartabone melakukan kegiatan upacara tabur bunga dan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Nani Wartabone.

Danrem menambahkan lomba dayung perahu tradisional ini bertujuan menggalakkan kembali olahraga-olahraga tradisional, terutama olahraga potensial yang dimiliki Gorontalo.

Apalagi posisi Gorontalo yang dikelilingi lautan, sudah sepatutnya Gorontalo menghidupkan olahraga yang bersifat kelautan pula. “hal ini supaya bisa mendukung program pemerintah dan kita bisa mendukung program Olahraga Nasional,” kata Arnold sembari menyebutkan, Korem juga telah menggelar sejumlah lomba budaya Gorontalo, seperti lomba karapan sapi.

Ini tidak lain semata-maa mengangkat kearifan Gorontalo melalui cabang-cabang olahraga tradisional. Sementara itu, Wakil Bupati Mohamad Kilat Wartabone dalam penyampaiannya berharap, kegiatan lomba dayung tradisional ini dapat dimasukkan menjadi agenda tahunan Pemkab Bone Bolango lewat Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparek).

Kegiatan ini bisa digelar bersama Korem 133/Nani Wartabonen setiap tahunnya lewat anggaran Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bone Bolango.

Untuk itu, Wabup meminta kepada Kepala Dinas Pariwisata dan Kreatif Kabupaten Bone Bolango Lukman A. Daud agar menjadikan iven lomba dayung perahu tradisional tersebut menjadi agenda tahunan dari Kabupaten Bone Bolango bersama sama dengan Korem 133/Nani Wartabone. “perlu disiapkan hadiahnya dan anggarannya agar supaya ini lebih meriah,” tutup Kilat Wartabone.

Untuk hasil lomba dayung perahu tradisional dalam rangka HUT ke-1 Korem 133/Nani Wartabone, di antaranya peserta ganda juara I diraih Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara. Posisi kedua, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo.

Sementara diposisi ketiga diraih Kecamatan Kota Utara, Kota Gorontalo, dan posisi keempat diraih oleh Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo. Sedangkan untuk peserta tunggal, posisi pertama dan kedua masing-masing diraih Kecamatan Limboto dan Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo.

Sementara posisi ketiga dan keempat, diraih Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo dan Kecamatan Kota Utara, Kota Gorontalo. Dengan demikian, kegiatan lomba dalam rangka HUT Ke-1 Korem 133/Nani Wartabone selesai dan hadiah juara lomba akan diserahkan pada acara syukuran yang akan berlangsung Jumat (13/9) besok di Aula Kusno Danupoyo Makorem 133/Nani Wartabone. (yod-54)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.