oleh

KPK Seriusi Alih Lahan RSAS

Dari 20 Kasus Ada 2 Kasus Menonjol

RadarGorontalo.com – Kamis (11/8) malam, salah seorang pimpinan KPK Saut Sitomorang, diskusi ringan bersama KNPI Kabupaten Gorontalo, di rumah integrasi. Terungkap, sudah ada 20 kasus dugaan korupsi dari Gorontalo, yang sudah diadukan ke lembaga anti rasuah itu. Dan jumlah tersebut, ada dua kasus menonjol yang katanya akan diseriusi Saut, sepulangnya dari Gorontalo. Tak cuma itu, terungkap juga untuk pelaporan kasus korupsi di KPK, sudah menggunakan sistem on line, yang disebut whistle blower system.

Diskusi tersebut, sebenarnya membahas soal pencanangan gerakan generasi gemilang anti korupsi, namun kemudian melebar pada persoalan dugaan sejumlah kasus korupsi di Gorontalo. Rupanya, sejak 2012 silam, ada 20 kasus korupsi yang diadukan langsung ke KPK, namun sampai sekarang belum ada kabar. Padahal, dari penyidik pernah mengatakan kasus-kasus tersebut layak ditindak lanjuti.

Menjawab itu, Saut Situmorang mengatakan, sepulangnya dari Gorontalo, dirinya akan coba mengecek kembali keberadaan laporan-laporan tersebut. Dirinya akan berkoordinasi dengan penyidik KPK. Dan bila kasus itu, tengah dalam penanganan kejaksaan, makan KPK akan melakukan supervisi alias pengawasan. Menariknya, dari 20 kasus itu, ada 2 diantaranya yang menarik perhatian Saut. Pertama soal kasus dugaan korupsi rumah sakit Aloei Saboe lama, dan kedua kasus pajak HGU pabrik gula naga manis (PT. Tolangghula sekarang, red).

Hal itu dibenarkan oleh Ketua KNPI Kabupaten Gorontalo Budi Biya. Dijelaskannya, untuk kasus RS Aloei Saboe lama, yang dilaporkan pihak LSM, adalah proses alih status lahannya. Sedangkan untuk pabrik gula, adalah dari izin HGU 120 hektar, belakangan bertambah jadi 10 ribu hektar. Anehnya, pajak yang dibayarkan hanya untuk 120 hektar saja.

Disisi lain, Budi juga menuturkan, diskusi ini merupakan bagian dari program KNPI Kabgor, dalam pencanangan gerakan generasi gemilang bebas korupsi. Gerakan ini nantinya akan disosialisasikan ke seluruh sekolah di Kabupaten Gorontalo. Nantinya, gerakan anti korupsi ini akan menghadirkan sejumlah daerah lain yang akan dipusatkan di Gorontalo. Akan ada festival musik anti korupsi yang akan diisi oleh band papan atas ibukota, deklarasi hingga testimoni anti korupsi, dari KPK hingga tokoh-tokoh penerima penghargaan. (rg-31/rg-34) 


Jangan Lewatkan

Komentar