RGOL.ID, GORONTALO – Sebagai wujud suksesnya pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024 yang aman dan sukses, maka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bone Bolango menandatangani kerjasama dengan Polres Bone Bolango.

Penandatangan dilakukan oleh Ketua KPU Bone Bolango, Sutenty Lamuhu dan Kapolres Bone Bolango, AKBP Muhammad Alli.

Pada kesempatan itu, Sutenty mengatakan bahwa kerjasama ini sesuai dengan tugas masing-masing, dimana KPU sebagai penyelenggara teknis kepemiluan, dan kepolisian sebagai alat negara yang bertugas untuk pengamanan pelaksanaan Pemilu serentak maupun Pilkada serentak tahun 2024.

Sutenty menambahkan, di tahun 2024 ada dua momentum besar yang akan dilaksanakan yang tentunya dipastikan bahwa tahapan teknis ini akan beririsan, baik memilih lima jenis pemilihan presiden kemudian anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten Kota serta pemilihan kepala daerah serentak di seluruh Indonesia.

Oleh karena itu, sebagaimana penyampaian Ketua KPU pusat bahwasanya sejarah perjalanan demokrasi kepemiluan di Indonesia, nanti baru kali ini ada penandatanganan kepolisian, kalau yang kemarin-kemarin itu berjalan secara otomatis saja, karena memang kepolisian mengawal data sebagai alat negara.

Tetapi tahun ini, karena memang momentum yang sangat bersejarah melaksanakan pemilihan dan pemilu serentak di tahun yang sama, walau dengan waktu atau bulan yang berbeda, sehingga mendasari KPU perlu melakukan ikatan kerjasama dengan kepolisian.

Sutenty mengakui tugas-tugas teknis yang diemban KPU sangatlah tidak mudah.

Tentu ada konsekuensi konsekuensi hukum yang harus dihadapi, oleh karena itu jalan satu-satunya adalah bersinergi dengan pihak kepolisian dalam rangka pengawalan dan pengamanan pelaksanaan tugas dan fungsi teknis yang dilaksanakan KPU.

“kami berharap sinergitas yang terbangun ini menghasilan Pemilu yang sukses, aman, dan tertib,” tutur Sutenty Lamuhu.

Sementara itu, Kapolres Bone Bolango, AKBP Muhammad Alli memastikan pihaknya akan melaksanakan tugas pengamanan setiap tahapan Pemilu serentak tahun 2024 di Bone Bolango.

“tanggung jawab kami adalah menjaga, mengamankan dan mensukseskan setiap tahapan Pemilu di Bone Bolango,” ujarnya.

Alli juga menyampaikan jumlah personil yang disiapkan untuk pengamanan Pemilu di Bone Bolango sebanyak 212 personil yang nantinya akan dibackup dari personil dari Polda dan Brimob.

“saya juga perlu ingatkan kepada personil Polres Bone Bolango untuk bersikap netral di Pemilu serentak 2024,” tegas Kapolres Bone Bolango, AKBP Muhammad Alli.

Sementara itu, KPU Bone Bolango sudah menerima logistik berupa kotak suara 2.581 buah, bilik suara 2.036 buah, tinta 1.018 botol, segel 49.232 keping. “besok (hari ini-red) KPU sudah akan mulai melakukan penyortiran logistik dan pemasangan kotak suara dan bilik suara,” tutup Sutenty. (LaAwal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.