oleh

KPU Bone Bolango Kurangi Perjalanan Dinas Demi Menaikkan Honor PPK

RGOL.ID, GORONTALO – Berbagai upaya dan kerja keras yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bone Bolango (Bonebol), mencari solusi untuk menaikkan honor Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), patut diacungi jempol.

Memang luar biasa, semua komisioner KPU Bonebol sepakat untuk mengurangi beberapa item kegiatan yang kemudian anggarannya dialokasikan untuk menaikkan honor PPK.

“perjalanan dinas KPU kami kurangi demi menaikkan honor PPK,” tegas Ketua KPU Bonebol, Adnan Berahim.

Tentunya langkah KPU menaikkan honor PPK ini, sekaligus menjawab keraguan bagi calon PPK. Adnan mengaku sejak terbitnya SK Kementerian Keuangan, KPU Bonebol langsung bergerak cepat mencari solusi dan jalan keluar.

Apalagi SK Kementerian Keuangan itu keluar setelah penandatanganan NPHD atau dana hibah, sehingga kenaikkan honor PPK tidak terakomodir.

“namun demikian, kami tetap berusaha bagaimana honor PPK ini naik. Dan akhirnya kami dapatkan solusinya dengan mengurangi perjalanan dinas, dan anggaran perjalanan dinas itu kami alokasikan untuk kenaikkan honor PPK,” ungkapnya.

Terkait sikap beberapa media yang menarik penawaran kerjasama dengan KPU Bonebol? Ketua KPU Adnan berahim sangat mengapresiasi langkah media-media tersebut, karena itu adalah hak masing-masing media.

Namun dijelaskan Adnan, bahwa dalam mensukseskan Pilkada Bone Bolango tahun 2020, KPU perlu bermitra dengan media. Anggaran media melekat di setiap tahapan Pilkada.

Selain itu, lanjut Adnan, anggaran media tidak menggangu anggaran tahapan yang lain, karena anggaran media dialokasikan untuk iklan dan pengumuman tahapan yang memang sudah diatur dalam PKPU.

Bahkan kata Adnan, ada tahapan-tahapan yang diwajibkan KPU untuk dimuat iklan atau pengumumannya di media.

“tahapan-tahapan itulah yang kami alokasikan anggarannya untuk media, dan anggaran media itu tidak mengganggu anggaran tahapan lainnya” tegas Adnan Berahim. (awal-46)


Komentar