oleh

KPU Harus Netral dan Adil

-Gorontalo-221 Pengunjung

RGOL.ID (Gorontalo) – Komisioner KPU RI, Pramono Ubaid Tanthowi mengingatkan agar KPU berlaku adil dan tidak berpihak. KPU harus mengutamakan profesionalitas, dengan menjaga nilai-nilai etik sesuai yang telah digariskan. Yakni bekerja secara adil dan juga imparsial. Tidak boleh memihak kepada salah satu calon.

Tidak memberi keuntungan atau merugikan salah satu pasangan calon. ‘Jika nantinya ada indikasi kuat. KPU di daerah bermain-main. Maka sanksi tegas pasti akan menanti,” ujar Pramono Ubaid Tanthowi saat memberikan sambutan pada peluncuran tahapan Pilkada di Kabgor dan Bone Bolango, Sabtu dan Minggu kemarin.

Pramono Ubaid mengatakan bahwa sanksi tegas telah banyak terjadi di banyak daerah dengan melaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). ”Kalau KPU Kabupaten/Kota yang berhak memberhentikan adalah anggota DKPP, dan kita akan pro aktif.

Jadi kita tidak akan melindungi seandainya ada teman-teman KPU yang bermain-main,” tegasnya. Olehnya, Pramono meminta agar Pilkada tiga daerah di Provinsi Gorontalo 2020 dapat berjalan dengan jujur, adil dan minim kecurangan, baik dari penyelenggara pemilu, pasangan calon, masyarakat dan ASN.

”Kita berharap pilkadanya minim kecurangan, sehingga betul-betul hasil pilkada itu bisa diterima oleh masyarakat luas dan mendapatkan legitimasi politik yang kuat.

Sehingga pemerintahan hasil pilkada itu bisa bekerja dan melaksanakan pemerintahan dengan baik serta berkomitmen untuk mewujudkan peningkatan kesejahteraan yang bisa dirasakan dampaknya bagi masyarakat luas,” imbuhnya.

Tak lupa Pramono Ubaid memuji perkembangan Gorontalo. “Saya ke sini sekitar 8 tahun lalu. Dan perkembangan Gorontalo luar biasa. Banyak sekali perkembangannya. Dan partisipasi masyarakat Gorontalo tinggi dalam Pemilu hingga 85 persen.

Gorontalo termasuk salah satu daerah tertinggi partisipasi masyarakat. Sehingga itu pada Pilkada serentak ini, Gorontalo tidak boleh dibawah 80 persen, Gorontalo harus menjadi contoh untuk daerah lain di Indonesia,“ tuturnya. (riil-20)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.