LIMBOTO (RGOL.ID) – Kurangnya kuota pendaftar calon anggota PPS, maka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo (Kabgor) memutuskan untuk memperpanjang waktu pendaftaran calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) hingga 27 Februari 2020 mendatang.

Komisioner KPU Kabgor Rasyid Sayiu menjelaskan, perpanjangan pendaftaran itu dilakukan karena mengingat jumlah pendaftar calon PPS yang masih sedikit sejak dibuka pada tanggal 18 hingga 24 Februari 2020 kemarin. Padahal, kebutuhan PPS untuk setiap desa saja sebanyak tiga orang.

Sehingga total anggota PPS yang dibutuhkan sebanyak 615 orang. Tetapi anggota PPS yang harus mendaftar dimasing-masing desa adalah dua kali banyak anggota PPS yang dibutuhkan. Jadi sebanyak 1230 peserta yang akan mengikuti seleksi nanti. 

“karena melihat kondisi pendaftar PPS masih jauh jadi kami akan lakukan perpanjangan pendaftaran untuk calon PPS dari tanggal 25 Februari sampai 27 Februari ini,” ungkap Rasyid, Selasa (25/02).

Lanjut kata Rasyid, saat ditemui dilapangan kendala dari masing-masing desa yang belum memenuhi kuota paling banyak adalah persoalan jarak tempuh calon anggota PPS ke puskesmas untuk membuat surat keterangan sehat yang mana menjadi satu syarat dalam pendaftaran PPS. Tak hanya surat keterangan sehat saja. Tetapi legalisir ijazah pun menjadi kendala.

“Paling banyak saya temui di beberapa desa apalagi desa yang berada diujung kecamatan yang jarak tempuh nya sangat jauh untuk mengurus surat keterangan sehat. Yang kemudian itu menjadi kendala mereka dalam melengkapi persyaratan calon anggota PPS,” ungkap Rasyid.

Rasyid pun menambahkan, dalam waktu perpanjangan itu diharapkan dapat dimanfaatkan masyarakat untuk mendaftar jadi calon PPS. Meski begitu, belum ada informasi jumlah kuota PPS yang masih dibutuhkan dalam mendukung suksesnya Pilkada Kabgor.

“Kami optimis, kuotanya dapat terpenuhi. Karena melihat pada hari ini (Selasa,red) beberapa desa yang belum memenuhi kuota tersebut terakhir diinformasikan sudah ada yang terpenuhi. Jadi mari kita sama – sama sukseskan Pilkada Kabupaten Gorontalo yang akan digelar 23 September 2020 nanti,” pungkas Rasyid. (iyn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.