oleh

KPU Matangkan Persiapan Pemutakhiran Data Pemilih

rgol.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo akan maksimalkan teknis pemutakhiran data pemilih bersama PPK se Kabupaten Gorontalo. Rusli Utiarahman selaku komisioner KPU Devisi data dan informasi mengatakan, pihaknya akan terus membahas masalah tata letak Tempat Pemungutan Suara (TPS) di masing-masing desa guna mensukseskan Pilkada 2020 ini.

Hal ini dilakukan agar TPS di masing-masing desa juga dapat dijangkau oleh pemilih atau masyarakat. “Jika kita hanya membuat satu TPS dan lokasinya jauh sudah dipastikan partisipasi masyarakat dalam pilkada kali ini akan berkurang,” kata Rusli.

Lanjut kata Rusli, pihaknya berencana akan terus mensosialisasikan serta memberikan pemahaman kepada masyarakat. Sehingga tingkat partisipasi masyarakat dalam mensukseskan Pilkada ini bisa maksimal. 

Menurut Rusli, daftar pemilih menjadi data kunci keberhasilan pelaksanaan Pilkada sehingga dalam pelayanannya harus cermat dan dilaksanakan sesuai aturan, bersungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab.

“Daftar pemilih merupakan salah satu kunci penentu baik tidaknya penyelenggaraan pemilu,” katanya. Dirinya pun berharap dengan kemampuan, komitmen dan dedikasi tinggi para petugas penyelenggara di tingkat kecamatan dan kelurahan/desa, data invalid dan data ganda bisa dihapus sehingga mampu menyajikan data pemilih yang akurat.

“Para petugas penyelenggara Pilkada nanti juga harus mempelajari semua aturan dan petunjuk dari KPU agar mampu menghasilkan daftar pemilih yang akurat, menyeluruh, dan mutakhir,” pungkas Rusli. (iyn)


Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar