oleh

KPU Pohuwato Tetapkan Syarat Minimal Dukungan Calon Independen

-Headline, Pohuwato-310 Pengunjung

POHUWATO (RG)- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pohuwato menggelar rapat pleno penetapan jumlah minimum syarat dukungan dan persebaran calon perseorangan. Menjelang Pemilihan Bupati (Pilbup) serentak tahun 2020 mendatang.

Sebagai informasi, jadwal penetapan untuk syarat dukungan calon perseorangan, berdasarkan PKPU 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020 diselenggarakan secara serentak, Sabtu (26/10).

Ketua KPU Pohuwato, Rinto W. Ali memimpin Rapat Pleno tersebut yang berlangsung di gedung KPU Pohuwato dan dihadiri oleh seluruh komisioner.

Diketahui, berdasarkan PKPU 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota, untuk daerah yang jumlah DPT hingga 250 ribu, itu syarat dukungannya minimal 10 persen dari total DPT tersebut.

Setelah menggelar rapat pleno, kepada koran ini Rinto menyampaikan, KPU Pohuwato menetapkan syarat dukungan bagi calon perseorangan atau independen berdasarkan rekapitulasi DPT (Daftar Pemilih Tetap) Pemilu terakhir.

“DPT di pemilu terakhir berjumlah 99.839, berarti 10 persen dari total itu. Dibulatkan jadi 9.984 dukungan,” jelas Rinto. Jumlah 9.984 itu pun sambung Rinto, harus tersebar lebih dari 50 persen jumlah kecamatan. “Pohuwato kan ada 13 kecamatan, berarti minimal 7 kecamatan,” ujar Rinto.

Sementara itu, untuk pengumuman resminya baru akan dilaksanakan 25 November mendatang. Nantinya, KPU Pohuwato akan memberi waktu bagi yang ingin mendaftar lewat jalur perseorangan untuk memasukkan syarat dukungan itu sampai 5 Maret 2020 mendatang. (Sel/tr-03)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.