oleh

KPU Provinsi Gorontalo Sosialisasikan PKPU Nomor 7 Tahun 2022

RGOL.ID, GORONTALO – Untuk memperkuat pemahaman masyarakat terkait tahapan dan proses Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Sistem Informasi Data Pemilih untuk Pemilu 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo kembali menggelar kegiatan sosialisasi PKPU Nomor 7 Tahun 2022 di Hotel Citimall, Selasa (22/11/2022).

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri peserta dari berbagai elemen, yakni organisasi paguyuban, mahasiswa, perwakilan KPU dan Bawaslu Kabupaten/Kota, akademisi serta unsur wartawan.

Anggota KPU Provinsi Gorontalo Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Sophian Rahmola, saat menyampaikan materi, mengulas banyak tentang sistematika PKPU, seperti penyusunan daftar pemilih, penyusunan bahan daftar pemilih, penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS).

Ada juga ulasan tentang penyusunan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP), penyusunan Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK).

Selain itu, ada pula materi sistim informasi data pemilih melalui penggunaan aplikasi Sidalih.

Selanjutnya, Sophian mengulas tentang formulir pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih, alur pemutahiran data dan penyusunan daftar pemilih, pemutahiran dan penyusunan daftar pemilih, tata kerja Pantarlih, serta tahapan DPSHP akhir.

Sophian menyampaikan sosialisasi PKPU 7 tahun 2022 ini penting, agar semua pihak, khususnya masyarakat bisa lebih paham dan mengetahui bagaimana tahapan dan proses penyusunan dan penetapan daftar pemilih.

Karena menurut Sophian data pemilih sering kali menjadi objek sengketa disetiap Pemilu dan Pilkada.

“kami berharap peserta yang mengikuti sosialisasi ini bisa membantu KPU untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait dengan penyusunan dan penetapan daftar pemilih,” tutur Sophian Rahmola. (awl)


Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar