oleh

Kucurkan Dana Rp 40 Miliar, Ruas Jalan Eks Andalas Bakal Dipercantik

GORONTALO (RGOL) – Rencana pekerjaan rekonstruski diruas jalan John Aryo Katili atau eks jalan Andalas Kota Gorontalo, mulai disosialisasikan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Gorontalo di aula rumah dinas jabatan wakil gubernur, Sabtu (18/12). Proyek rekonstruksi jalan utama ini akan dibiayai dana pemulihan ekonomi nasional (PEN) tahun 2021 yang menelan anggaran sebesar Rp 40 miliar.

Kepala Bidang Bina Marga Meykowati Isa mengatakan jalan John Aryo Katili merupakan salah satu ruas  jalan provinsi yang pemeliharaannya dan pekerjaan rekonstruksinya juga menjadi tanggung jawab Dinas PUPR Provinsi Gorontalo. Meykowati menjelaskan pada tahun 2019 Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Dinas PUPR telah membuat perencanaan dan menganggarkan pekerjaan rekonstruksinya, namun karena pandemi Covid-19 maka anggaran tersebut pun di refocusing.

Desain Jalan J.A Katili (eks Andalas)

Dikatakan tujuan Dinas PUPR Provinsi Gorontalo untuk merekonstruksi jalan tersebut adalah menciptakan kondisi kenyamanan dan keselamatan berlalu lintas, dan membuat kenyamanan masyarakat di sepanjang ruas jalan terbebas dari genangan air.

“Jalan John Aryo Katili merupakan pintu masuk ke ibu kota provinsi, maka rekonstruksinya juga akan dibaguskan dengan membuat pedestrian, menghilangkan median tengah, membuat saluran drainase di sepanjang ruas jalan dan memasang cross drain di empat titik, agar badan jalan dan masyarakat terbebas dari genangan air,” ujar Meykowati.

Ia berharap dengan sosialisasi pekerjaan rekonstruski ini dapat menciptakan kenyamanan serta dan dukungan seluruh masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan di sepanjang ruas jalan John Aryo Katili.

“Alhamdulillah dengan adanya sejumlah saran dan masukan dari sejumlah masyarakat dan pemangku kepentingan terkait pekerjaan rekonstruksi jalan ini, mudah-mudahan akan menjadi satu dukungan buat kami untuk membangun insfrastruktur yang lebih baik dan lebih bermutu dari sebelumnnya,” pungkasnya. (RG-25)


Jangan Lewatkan

Komentar