oleh

Kuliah Umum FKIP, Rektor UMGO : 3 Hal Penting Dalam Memanaj Aktivitas Pendidikan

-Pendidikan-294 Pengunjung

KAMPUS (RGOL.ID) – Rektor Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UM-Go), Prof. Abd. Kadim Masaong, M.Pd, Senin kemarin (15/3), didaulat untuk memberikan kuliah umum dalam rangka pembukaan kuliah semester genap tahun ajaran 2020-2021, untuk Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), di gedung serbaguna David Bobihue Akieb. Tema yang diangkat rektor dalam kuliah umum kali ini terkait “Urgensi Manajemen Pendidikan Dalam Manajemen Pelaksanaan Pendidikan Dan Pembelajaran Bermutu”.

Dalam arahannya, rektor menjelaskan, bahwa ada tiga (3) hal penting yang harus dilibatkan dalam memanej atau mengatur aktivitas dalam pendidikan. Pertama, manajemen diri. “Yang pertama bagaimana memanaje diri sendiri. Itu yang paling penting dulu,” ungkap Prof. Kadim.

Kedua, lanjutnya, manajemen waktu, yakni bagaimana pelaku pendidikan itu mengelola waktu secara efektif dan efisien. Ketiga, manajemen institusi, dalam hal ini lembaga pendidikan. “Bagaimana proses pendidikan ini bisa berjalan dengan baik, maka dibutuhkan pengelolaan bernegara, pengelolaan pendidikan secara efektif dan secara efisien,” terangnya.

Sekali lagi, kata Prof. Kadim, untuk mencapai pembelajaran bermutu, proses pendidikan yang perlu dikelola dengan baik ada 3 komponen, yakni manajemen diri, manajemen waktu dan manajemen lembaga institusi. “Menjalankan kurikulum, menjalankan pembelajaran, mengelola sarana dan prasarana, memberdayakan seluruh potensi-potensi yang ada, dan hal-hal lain yang disampaikan sebelumnya,” tambah Prof. Kadim.

Diakhir penyampaiannya, rektor memberikan apresiasi yang tinggi kepada FKIP yang telah banyak melakukan inovasi dengan berkreasi menciptakan karya lagu yang bermanfaat bagi UM-Go. “Saya selaku rektor memberi apresiasi yang tinggi, orang-orang yang biasanya menciptakan lagu itu, Insya Allah akan membawa rejeki bagi karya tulisnya,” tukasnya.

Prof. Kadim juga meminta, selain dosen, mahasiswa juga diharapkan mampu untuk berinovasi dan berkreasi menatap masa depan yang lebih baik. “Kalian mahasiswa FKIP adalah para calon guru. Dan seorang guru sangat penting menjadi kreatif, sangat penting menjadi inovatif, karena hanya guru yang kreatif dan inovatif yang bisa membuat peserta didiknya kreatif. Ini yang harus kita kembangkan,” pungkasnya. (rg-63)

LENSA KEGIATAN 1-3 : RANGKAIAN kegiatan kuliah umum dalam rangka pembukaan kuliah semester genap tahun ajaran 2020-2021, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), di gedung serbaguna David Bobihue Akieb.


Komentar