oleh

‘Kursi’ Sekda Kabgor Banyak Diminati Pejabat Luar

GORONTALO (RGOL.ID) – Penentuan, siapa 3 pejabat nantinya diusulkan oleh Bupati Nelson Pomalingo sebagai calon sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo sepertinya bakal seru.

Karena ternyata untuk mencari sekda yang berkualitas, pemerintah Kabupaten Gorontalo akan melakukan seleksi bagi pejabat yang sudah memenuhi syarat kepangkatan. Informasi terkini, ternyata posisi sekda pasca ditinggalkan Hadijah Tayeb ini banyak diincar pejabat.

Bukan hanya di internal pemerintahan Kabupaten Gorontalo, tapi juga mengundang minat dari pejabat luar, Gorontalo. Ini diakui oleh wakil bupati Gorontalo Hendra Hemeto.

Buktinya sudah ada beberapa pejabat luar kabupaten Gorontalo yang menyatakan minatnya untuk mengikuti seleksi.

Dan seperti diketahui,  pemerintah Kabupaten Gorontalo membuka kesempatan untuk pejabat daerah dari luar pemerintah kabupaten Gorontalo.

“Belum ada nama calon sekda, tapi semua pejabat yang memenuhi syarat punya kesempatan untuk diusulkan.

Karena nantinya akan diseleksi, siapa pejabat yang berminat untuk menduduki jabatan sekda,” ujar Wakil Bupati Hendra Hemeto di teras masjid Baturrahman Limboto ba’da sholat ashar Rabu (24/02) kemarin.

Wabup Hendra mengakui, figur sekda akan datang kualitasnya harus sama, jika bisa melebihi kecakapan sekda Hadijah Tayeb yang mengundurkan diri.

Selain menguasai dan pengalaman dalam birokrasi juga mampu mengayomi PNS, serta cepat dan tanggap terkait dengan kebijakan bupati dan wakil bupati.

“Sekda perannya begitu vital untuk menyeimbangkan birokrasi pemerintahan. Tapi terpenting mampu menjabarkan visi  misi bupati dan wakil bupati,” kata Hendra Hemeto.

Menurutnya, pemerintah Kabupaten Gorontalo nantinya akan terbuka untuk mencari figure sekda. “semuanya diberi kesempatan, kita lihat siapa nantinya yang berminat mendaftar, bukan hanya pejabat di kabgor, tapi diluar kabgor dan terbuka dari luar Gorontalo, sepanjang ia memenuhi syarat dan kapabilitas yang tinggi membangun Gorontalo,” tegas Hendra Hemeto. Terkait kapan proses seleksi itu.

Hendra mengaku belum mendapatkan informasi, tapi akan segera dibicarakan bersama dengan Bupati sekembali dari luar daerah. “tinggal menunggu pak bupati dari luar daerah, lalu ini akan dibicarakan bersama,” ujar Hendra Hemeto. (riel/rg)


Komentar