Lagi, PLTU Anggrek Dijanjikan September

Kunjungan kerja jajaran Komisi II Deprov, terkait tindaklanjut pembangunan PLTU Anggrek di Ditjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM RI

RadarGorontalo.com, JAKARTA – Sejak 2007 atau sepuluh tahun yang lalu, Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Anggrek di kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) dibangun, namun hingga tiga kali pergantian Gubernur di provinsi Gorontalo dilakukan, harapan masyarakat akan infrastruktur penambah daya kelistrikan di provinsi ke 33 di Indonesia ini, urung dilakukan.

Nah, Rabu (3/5), kembali upaya akan tindaklanjut dari pembangunan plus pengoperasian PLTU Anggrek tersebut, dikonsultasikan oleh jajaran Komisi II Deprov Gorontalo di Direktorat Jendral (Ditjen) Ketenagalistrikan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) RI di Jakarta.

Hasilnya, kali ini, Komisi II Deprov yang dipimpin Wakil Ketua Komisi II Adriana Machmoed, bersama jajaran anggota Komisi II, seperti Alpian Pomalingo, Fikram AZ Salilama, dan Manaf Abidin Hamzah, mendapat informasi, bahwa realisasi akan pembangunan PLTU Anggrek yang berkekuatan 2 X 25 MW itu, kembali ditargetkan pada 2 kali pengoperasiannya. Masing-masing di bulan September dan Desember di tahun 2017 ini juga. “Pihak Ditjen Ketenagalistrikan menargetkan pengoperasian akan PLTU Anggrek itu, dalam 2 kali tahapan.

Masing-masing di bulan September tahun 2017 ini, untuk mesin pertamanya. Dan, di bulan Desember 2017 ini juga, untuk pengoperasian mesin keduanya,” ungkap Adriana, mengutip janji dari Ditjen Ketenagalistrikan, usai pertemuan. “Target akan tindaklanjut pembangunan dan pengoperasian PLTU Anggrek dimungkinkan di 2017 ini juga, karena alasan dari Ditjen Ketenagalistrikan ESDM, sudah turun anggarannya,” imbuh srikandi Partai Gerindra ini.

Olehnya, kata Adriana lagi, pihaknya akan sepenuhnya mengawal komitmen dari Ditjen Ketenagalistrikan di Kementerian ESDM RI ini. “Agar tidak lagi menjadi janji-janji, yang sudah berulang kali diterima oleh pemerintah provinsi Gorontalo, baik ditingkat eksekutif, maupun teman-teman di legislatif DPRD.” ujar dia.

“Olehnya, sepulangnya kami dari kunjungan kerja untuk konsultasi terkait tindaklanjut PLTU Anggrek ini, akan kami tindaklanjuti dengan kunjungan lapangan di PLTU Anggrek itu sendiri, akan kesiapan pengoperasiannya di September nanti,” pungkas Adriana. (ay1/rg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.