Lantik Kades Monas Terpilih, Ini Pesan Thariq Modanggu

RGOL.ID, GORUT – Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Thariq Modanggu kembali melantik kepala desa (kades) terpilih hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2022.

Senin (19/9) siang, orang nomor satu di Kabupaten Gorut itu melantik dan mengambil sumpah Kades Monas terpilih periode 2022 – 2028, Ridwan H Tuna di aula Kantor Camat Monano.

Dalam sambutannya usai melantik, Bupati Thariq berharap, Kades Monas dapat menjadi salah satu memperkuat barisan kades di Monano yang memang dikenal kekompakannya.

“Walaupun sesama pejabat politik di desa. Tapi, kepala desa di Kecamatan Monano mampu menjaga kekompakan,” tuturnya.

Ia juga berharap, sesuai dengan kalimat dalam sumpah jabatan, Kades Monas dapat melaksanakan kewajiban dengan sebaik-baiknya, selurus-lurusnya dan seadil-adilnya.

“Memelihara kehidupan demokrasi. Ini penting,” ujarnya.

Ia mengingatkan, Kades Monas yang sebelumnya telah melalui pertarungan pemilihan kepala desa, tidak kemudian membeda-bedakan pelayanan kepada masyarakat.

“Makanya kami berharap tidak membentuk sekat, tapi yang ada pelayanan kepada masyarakat. Itu harus dilakukan dengan adil,” tukasnya.

Ia juga mengingatkan, Kades Monas untuk memperhatikan 4 tugas seorang kepala desa, sebagaimana yang tertuang dalam undang-undang desa.

“Saya kira pertama, harus mampu menyelenggarakan pemerintahan desa. Kemudian kedua, melaksanakan pembangunan kemasyarakatan, melakukan pembinaan kepada masyarakat dan pemberdayaan masyarakat,” imbuhnya.

Terkait dengan itu, sebagai seorang leader di desa, Kades Monas diingatkan untuk memelihara demokrasi, khususnya di internal pemerintah desa.

“Jangan memecat aparat desa, harus harmonis. Artinya, harus saling mendukung antara aparat dan kepala desa,” katanya mengingatkan.

Lebih lanjut Thariq pula mengingatkan, pentingnya peran seorang istri dari Kades Monas selaku ketua tim penggerak PKK Desa.

“Peran Istri Kades menjadi sangat strategis dalam rangka mendukung suami mengemban amanah menjalankan tugas sebagai kepala desa,” tandasnya. (RG-56)


Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar